in

Ulang Tahun IBI, Bupati Pemalang Minta Bidan Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Bupati Pemalang Mansur Hidayat menghadiri Peringatan HUT ke-73 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di RCC Hall Regina, Sabtu (06/07/2024). (Foto : Instragram Pemkab Pemalang)

 

HALO PEMALANG – Bupati Pemalang Mansur Hidayat meminta bidan turut bekerja keras mengurangi angka kematian ibu dan bayi. Mereka juga diminta mendampingi ibu hamil, agar menerapkan pola hidup sehat.

Hal itu disampaikan Bupati Pemalang Mansur Hidayat, saat menghadiri Peringatan HUT ke-73 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di RCC Hall Regina, Sabtu (06/07/2024).

“Saya berpesan segenap anggota IBI dimanapun berada khususnya di Kabupaten Pemalang, dapat berkomitmen bekerja keras menurunkan angka kematian ibu dan bayi,” kata dia, seperti dirilis pemalangkab.go.id.

Bupati juga mendorong para bidan, untuk melakukan edukasi mengenai pola hidup sehat kepada masyarakat, khususnya para ibu.

“Lakukan edukasi secara berkelanjutan, dampingi dan bimbing ibu-ibu menerapkan pola hidup sehat dan seimbang, sehingga tercapai warga yang sehat dan sejahtera,” sambung Mansur.

Terkait dengan tema peringatan HUT IBI kali ini yaitu “Peran Bidan dalam Sistem Ketahanan Nasional pada Krisis Iklim melalui Sinergi dan Kolaborasi”, Mansur meminta agar para bidan dapat bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui beberapa peran yang diembanya.

“Semoga IBI Kabupaten Pemalang dapat bersinergi dengan Pemkab,” kata dia.

Mansur pun kemudian menyinggung permasalahan perubahan iklim, serta dampaknya di Indonesia.

Menurut dia, perubahan iklim terkait dengan krisis udara, krisis air, dan hilangnya keanekaragaman hayati, dapat berdampak timbulnya bencana, termasuk wabah penyakit.

“Terkait dengan kondisi demikian bidan diharapkan dapat meningkatkan perannya sebagai penyuluh, pendidik, pembimbing, fasilitator klinik, peneliti, dan penggerak masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua IBI Cabang Pemalang Khodiroh, mengemukakan tema peringatan HUT IBI kali ini sesuai dengan komitmen bidan dalam pembangunan kesehatan di Indonesia, khususnya peningkatan ibu dan anak untuk mempersiapkan generasi yang berkualitas.

“Maka tema HUT IBI yang ke-73 tahun 2024 adalah peran bidan dalam penguatan sistem ketahanan nasional dalam krisis iklim melalui sinergi dan kolaborasi,” kata dia.

Pada acara tersebut Bupati Mansur juga memberikan bantuan kepada 5 anak yatim piatu dan memberikan piala kepada para pemenang Bidan Award dan ranting terbaik. Acara kemudian dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan acara “Talkshow Bersama Bupati Pemalang”. (HS-08)

Kreativitas Desainer Lokal Cilacap Semarakkan Opera In Fashion 2024

Komandan Lanal Tegal Berikan Pelatihan SAR di Pantai Sigandu Batang