Ulama Dan Santri Berperan Jaga Pancasila

Plt Bupati Kudus HM Hartopo dan Gus Baha dalam peringatan Hari Santri 2020 di Pendapa Kabupaten Kudus. (Foto : kuduskab.go.id)

 

HALO KUDUS – Plt Bupati Kudus HM Hartopo mengapresiasi perjuangan para ulama dan santri. Mereka telah berperan besar dalam menjaga kedaulatan negara dan Pancasila.

“Saya mengapresiasi peranan ulama dan santri, Ulama dan santri sangat luar biasa dalam perjuangan kemerdekaan serta memperjuangkan ideologi Pancasila,” seperti dirilis kuduskab.go.id, Minggu (1/11).

Penghargaan tersebut disampaikan Hartopo, saat menghadiri pengajian terbatas, dalam rangka memperingati Hari Santri 2020, di Pendapa Kabupaten Kudus, Sabtu (31/10).

Pengajian bertajuk Santri Sehat Indonesia Kuat, Kudus Bersinergi itu, dihadiri pula oleh Forkopimda, tokoh-tokoh ulama dan umaro, serta perwakilan para santri. Acara juga diisi ceramah oleh Ahmad Bahauddin Nursalim atau biasa disapa Gus Baha.

Dalam sambutanya Hartopo mengapresiasi peran para santri yang telah berperan cukup besar di masyarakat dan berjuang dalam menjaga kedaulatan NKRI.

Hartopo juga menjelaskan, untuk memberi apresiasi kepada para santri dan ulama, setiap bulan Pemkab Kudus juga mewajibkan jajarannya untuk mengenakan busana santri.

“Penghargaan luar biasa dari Pemerintah Daerah untuk ulama dan santri tercermin setiap bulan sekali lewat busana yang kita pakai, busana khas para santri Kudus. Inilah upaya Pemda mengenang dengan selalu memperingati hari santri setiap bulanya,” jelasnya.

Dalam pengajian terbatas malam ini Hartopo juga berpesan kepada para santri dan ulama dalam situasi dan kondisi pada saat ini untuk selalu menerapkan protokol kesehatan supaya terhindar dari Covid-19.

“Sedikit titip pesan pada hadirin malam hari ini, karena situasi ditengah pandemi, maka pada malam ini ada keterbatasan yang hadir, tidak bisa seperti biasa. Maka dari itu pada malam hari ini karena banyak keterbatasan, kita harus menjaga apa yang jadi tatanan baru. Boleh berkegiatan tapi harus tetap mematuhi tatanan baru dengan menerapkan protokol kesehatan yang berlaku,” kata dia. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.