in

UKM Virtual Expo (UVO) Jawa Tengah 2021 Digelar Tematik

Foto tangkapan layar pada laman www.ukmvirtualexpo.com.

 

HALO SEMARANG – UKM Virtual Expo (UVO) Jawa Tengah 2021 bakal digelar pada 16-18 Februari. Gelaran ini berkaca pada kesuksesan ajang UVO 2020, yang berhasil mengantongi omzet hingga Rp 4,4 miliar.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Jateng, Ema Rachmawati mengatakan, gelaran UVO ini hampir sama dengan UVO sebelumnya, namun tahun ini bekerja sama dengan Bank Jateng.

“Hampir mirip dengan UVO sebelumnya, hanya mulai tahun ini pelaksananya Diskop UKM bersama Bank Jateng,” katanya saat dihubungi halosemarang.id, Senin (15/2/2021).

Ema menambahkan, terselenggaranya UVO ini tidak lain dikarenakan masih ada permasalahan bagi UKM terkait pemasaran yang kurang maksimal.

“Permasalahan utama UKM saat ini masih seputar pemasaran, sekitar 51 persen. Bahkan beberapa UKM menyampaikan bahwa situasinya saat ini sama persis dengan bulan Maret sampai Mei tahun lalu sepi,” imbuhnya.

Pada tahun ini, UVO akan diselenggarakan secara dua bulan sekali, dengan tema yang berbeda.

“Tema yang diangkat adalah Wonderfood UKM, Kudu Setrong-Say No To Nglokro. Mulai tahun ini UVO kita buat tematik misalnya besok temanya Food N Baverage, bulan depan beda lagi,” tuturnya.

Ema menyampaikan, UVO 2021 kali ini akan menghadirkan perbincangan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, dengan pihak terkait. Seperti Kepala Kanwil DJPBC Jateng Padmoyo Tri Wikanto, Kepala OJK Regional 3 Jateng DIY Aman Santosa, dan Dirut Bank Jateng Supriyatno.

“Harapannya dengan perbincangan itu, Pak Gubernur dan pihak terkait bisa mendobrak sekat-sekat regulasi, agar UKM Jateng bisa kembali menembus pasar ekspor. Pada acara itu kami juga mengundang nama-nama kondang seperti Cak Lontong dan Happy Asmara,” beber Ema.

Dengan UVO 2021 terselenggara, pihaknya berharap UKM di Jateng semakin dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

“Harapannya, pasar UKM bisa semakin lebih luas, karena pasar masih ada di luar Jawa Tengah,” tutup Ema.

Untuk mengaksesnya, warga dapat mengunjungi www.ukmvirtualexpo.com. Dalam gelaran ini, juga akan diluncurkan aplikasi belanja elektronik bimart, diharapkan penjual dan pembeli bisa bertransaksi langsung menggunakan pembayaran perbankan.(HS)

Share This

Banjir Belum Surut, Warga Masih Bertahan di Pengungsian

Material Median Jalur Pantura Semarang-Mangkang Ambrol, Bahayakan Pengguna Jalan