Halo Semarang
Take a fresh look at your lifestyle.

Uji Jaringan Fiberisasi, XL Axiata Gelar “Digi Race Competition 2019” di Semarang 

Activation and Event, XL Axiata Yudha Pranata menyerahkan hadiah kepada para pemenang kompetisi “Digi Race Competition 2019” di Vale Pizza E Resto Semarang, Sabtu (9/11/2019).

 

HALO SEMARANG – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menggelar kompetisi permainan interaktif berbasis digital “Digi Race Competition 2019”. Kompetisi tahunan yang kali ini digelar di Semarang, sekaligus menjadi ajang untuk menguji jaringan data XL Axiata setelah proses fiberisasi untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas layanan data di hampir seluruh wilayah Provinsi Jawa Tengah. Total sebanyak 10 peserta yang merupakan para penggiat sosial media, mengikuti kompetisi di Semarang ini.

Group Head Central Region XL Axiata, Rd Sofia Purbayanti mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan. Salah satunya melalui proses fiberisasi yang telah terlaksana di sebagian besar wilayah Jawa Tengah, termasuk Semarang sebagai ibu kota provinsi. Secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber, termasuk sekaligus melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS. Seperti antara lain mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber,” katanya, Sabtu (9/11/2019).

Program fiberisasi jaringan, Sofia menyebut, merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G. Sebagai teknologi jaringan tercanggih, 5G mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah. Keunggulan teknologi ini hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan fiber. XL Axiata telah melaksanakan program ini secara massif di seluruh wilayah Indonesia dalam 3 tahun terakhir.

“Di wilayah Jawa Tengah, fiberisasi jaringan telah terlaksana hampir semua area, baik kota-kota besar. Seperti Semarang, Surakarta, Tegal, Pekalongan, dan Purwokerto, hingga kota sedang seperti Kudus, Jepara, Magelang, Salatiga, Purworejo, Kebumen, dan Cilacap. Bahkan fiberisasi juga sudah terlaksana di kota-kota kecil seperti Rembang, Blora, Purbalingga, Wonosobo, Karanganyar, dan Wonogiri,” imbuhnya.

Hingga saat ini, lanjut Sofia, fiberisasi jaringan XL Axiata sudah terlaksana di semua ibu kota provinsi dan kota-kota besar di Jawa, Madura, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok. Terutama di kota atau area yang memang secara pertumbuhan data sudah memerlukan jaringan fiber. Target XL Axiata secara nasional, hingga akhir tahun 2019 nanti 50% BTS akan terhubung dengan jaringan fiber, dan akan terus ditingkatkan menjadi sekitar 60-70% pada akhir 2020.

“Saat ini, fiberisasi sudah menjangkau lebih dari 30% BTS dengan sebagian besar mencakup wilayah Jawa. Percepatan fiberisasi kini sedang dilakukan di wilayah luar Jawa mengingat pertumbuhan trafik data yang sangat pesat dalam setahun terakhir,” katanya.

Fiberisasi yang saat ini terus berlangsung juga telah terbukti mampu meningkatkan kualitas layanan data 4G XL Axiata. Dan Guna memastikannya lebih lanjut spekaligus menunjukkan kepada masyarakat luas, XL Axiata menyelenggarakan program khusus “Digi Race Competition 2019” ini. Dengan mengundang para peserta dari kalangan pegiat media sosial independent yang intens memanfaatkan layanan data, XL Axiata berharap bisa menunjukkan secara langsung kepada masyarakat peningkatan kualitas jaringan data hasil dari fiberisasi.

Sementara, Activation and event XL Axiata, Yudha Pranata menambahkan, tantangan yang harus diselesaikan oleh peserta terdiri atas kuis dengan pertanyaan-pertanyaan melalui video streaming di aplikasi Youtube. Selain itu ada juga games yang memanfaatkan platform media sosial lainnya seperti Spotify, Instagram, dan Netflix.

“Jenis tantangannya meliputi aktivitas digital untuk menguji kualitas jaringan setelah dilakukan fiberisasi. Semua jenis tantangan mengharuskan peserta untuk mengakses layanan data dengan kapasitas besar seperti streaming, mengunduh, mengunggah, dan memainkan games,” katanya.

Dikatakan Yudha, kompetisi tersebut dengan mengundang para tokoh yang memiliki pengaruh kuat di media sosial atau yang biasa disebut sebagai Key Opinion Leader (KOL), XL Axiata sekaligus berusaha menunjukkan dan meyakinkan masyarakat luas bahwa upaya terus menerus akan dilakukan guna memenuhi ekspektasi pelanggan atas kualitas layanan data yang mampu mendukung aktivitas produktif mereka. Ke-10 penggiat social media yang akan menjadi peserta pada kegiatan kali ini di Semarang, mereka mengunjungi Soto Pak No, Pasar Johar Baru, Nasi Goreng Tonjoyo, Toko Oen, Warung Makan Belut Hj Nasimah, dan ditutup di Vale Pizza E Resto.

“Sebelumnya, kegiatan yang sama telah sukses digelar di 5 kota besar yakni, Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Makassar dan Medan pada Maret 2019 dengan diikuti oleh 50 peserta di masing-masing kota dan berhasil mencapai 3.5 juta orang lewat berbagai media sosial dan kanal digital. Diharapkan dengan dilanjutkannya kegiatan ini dapat memberikan lebih banyak masukan sebagai acuan untuk terus melakukan perbaikan dalam rangka menjaga kualitas layanan XL Axiata di masa mendatang,” pungakasnya. (HS)

bawah-berita-dprd-semarang