Uji Coba Kedua, Timnas Indonesia U-19 Kalah Telak dari Kroasia

Latihan Timnas U-19 di Stadion Madya, Jakarta. (Foto dok PSSI).

 

HALO SPORT – Timnas Indonesia U-19 harus mengakui keunggulan tuan rumah saat menjalani pertandingan uji coba menghadapi Kroasia di Stadion SRC Mladost, Cakovec, Selasa (8/9/2020) malam WIB. Skuad Garuda Muda menyerah dengan skor telak 1-7.

Witan Sulaeman dkk mengawali pertandingan dengan cukup baik. Pada menit ke-10, Indonesia mendapat peluang emas lewat upaya Irfan Jauhari.

Diawali bola tendangan Pratama Arhan yang diblok kiper Kroasia, Irfan menerima bola muntah di kotak penalti yang langsung ditendangnya ke arah gawang. Bola tembakannya masih melayang membentur mistar gawang.

Keasikan menyerang, skuad asuhan Shin Tae-yong malah kebobolan di menit ke-26. Filip Zrilic berhasil mencetak gol lewat bola tandukannya yang gagal dibendung kiper Muhammad Adi Satryo. Timnas Indonesia tertinggal 0-1.

Kroasia kembali menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-31. Arijan Brkovic sukses menaklukkan Adi Satryo lewat bola tembakan dari luar kotak penalti, memanfaatkan umpan Antonio Marin di sisi kiri pertahanan Indonesia.

Atas keunggulan ini, Timnas Kroasia makin percaya diri untuk menekan pertahanan Indonesia.

Gol ketiga tuan rumah tercipta pada menit ke-44 lewat kepala Marco Boras. Bek berusia 18 tahun itu menanduk bola muntah selepas tendangan sudut yang tak mampu ditahan dengan sempurna oleh lini belakang Indonesia.

Tidak ada gol tambahan hingga memasuki masa jeda. Timnas Indonesia U-19 menutup babak pertama dengan tertinggal 0-3 dari Kroasia.

Memasuki babak kedua, Kroasia yang diasuh Josip Simunic tidak mengendurkan serangannya. Hasilnya, gol keempat berhasil dicetak tim muda negara finalis Piala Dunia 2018 itu pada menit ke-47.

Antonio Marin yang mencatatkan namanya di papan skor. Pemain Dinamo Zagreb itu melepaskan bola tembakan dari dalam kotak penalti yang menjebol gawang Indonesia, usai sebelumnya dia menerima umpan lambung dari sisi kanan pertahanan Garuda Muda.

Kroasia kembali membobol gawang Indonesia di menit ke-66. Bruno Zdunic berhasil memanfaatkan bola muntah tendangan Zrilic yang ditepis Adi Satryo menjadi gol, sekaligus membuat Garuda Muda tertinggal 0-5.

Indonesia baru bisa mencetak gol di menit ke-72. Bagas Kaffa berhasil memanfaatkan umpan silang Pratama Arhan ke kotak penalti dengan bola tendangannya yang meluncur deras ke gawang Kroasia.

Satu menit usai dibobol Indonesia, Kroasia langsung merespon dengan gol keenamnya. Marin selaku kapten tim mencetak gol keduanya setelah mampu melewati dua pemain Garuda Muda dan menembak bola ke gawang. Skor berubah 6-1 untuk Kroasia.

Indonesia harus bermain dengan 10 pemain setelah Mochammad Supriadi diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua akibat pelanggarannya di kotak terlarang. Selain hukuman kartu, Indonesia juga dirugikan karena Kroasia mendapat hadiah penalti.

Ivan Brnic yang maju sebagai eksekutor penalti Kroasia menjalankan tugasnya dengan sempurna. Skor berubah 7-1 untuk Kroasia yang menjadi hasil akhir laga tersebut, sekaligus menjadi kekalahan telak buat Timnas Indonesia U-19.(HS)

Susunan Pemain

Indonesia: Muhammad Adi Satryo, Bayu M Fiqri, Komang Tri Arta, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, David Maulana, Komang Teguh, Sandi Samosir; Saddam Emirudin, Irfan Jauhari.

Kroasia: Renato Josipovic; Filip Braut, Ruka Jurisic, Marco Boras, Nikola Soldo; Arijan Brkovic, Ivan Brnic, Bruno Jenjic; Ivan Saric, Antonio Marin, Filip Zrilic.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.