in

UIN Walisongo Semarang Gelar Webinar “Civil Society dan Demokrasi di Indonesia: Prospek dan Tantangan Saat Ini”

Tangkapan layar webinar UIN Walisongo dengan Tema “Civil Society dan Demokrasi di Indonesia: Prospek dan Tantangan Saat Ini”, Rabu (8/4/2021).

 

HALO SEMARANG – Program studi (Prodi) Ilmu Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang menggelar Webinar Series bertema “Civil Society dan Demokrasi di Indonesia: Prospek dan Tantangan Saat Ini”.

Acara ini disiarkan secara dalam jaringan (daring) melalui kanal YouTube Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Walisongo dan Applikasi Zoom, Rabu (7/4/2021).

Webinar series dihadiri Menteri Riset dan Teknologi pada Kabinet Persatuan Nasional dan Dosen Hubungan Internasional (HI) di President University, Dr Muhammad AS Hikam yang menjadi pembicara utama.

Hikam memberikan pengertian awal terkait civil society atau masyarakat sipil, yang merupakan kehidupan sosial terorganisasi dan mempunyai khas kesukarelaan, kesuasembadayaan, dan kesuadayaan, kemandirian yang tinggi, serta keterikatan dengan norma hukum yang telah disepakati.

“Ada tiga pilar dalam sistem tata negara yang harus diketahui yaitu level negara (state), masyarakat politik, dan masyarakat sipil,” papar Hikam.

Sementara itu, Ketua Prodi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Walisongo, Adib, MSi dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan ini.

Menurutnya, Ilmu Politik telah menjadi program studi unggulan dan berharap memunculkan lulusan yang bermanfaat di masyarakat.

“Prodi Ilmu Politik yang menjadi unggulan di FISIP, kami apresiasi karena telah menggelar webinar ini. Semoga bisa menambah wawasan, sehingga mahasiswa memiliki pola pikir yang berkembang. Kami juga apresiasi karena kegiatan ini mengundang pembicara yang hebat,” katanya.(HS)

Share This

Meski Tak Lagi Muda, Wabup Kendal Masih Lincah Menggocek Bola

Polres Boyolali Canangkan Pembangunan Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi