in

UHN Masuk Desa, Bantu Masyarakat Miskin Ekstrem di Binyan dan Tulamben

Pengabdian masyarakat UHN IGB Sugriwa. (Foto : kemenag.go.id)

 

HALO SEMARANG – Dalam rangka mengimplementasikan Instruksi Presiden (Inpres) nomor 4 tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem di Indonesia. Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus (UHN-IGB) Sugriwa, Denpasar, sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri binaan Kementerian Agama, melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di Bangli.

Rektor UHN IGB Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikan bahwa melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), UHN IGB Sugriwa melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di dua daerah, yakni Bangli dan Karangasem.

“Ini bagian dari komitmen kampus UHN, sebagai langkah percepatan pemberantasan kemiskinan di Indonesia yang ditargetkan tuntas pada 2024 sebagaimana instruksi pemerintah pusat,” kata I Gusti Ngurah Sudiana, di Bali, Jumat (24/5/2024).

Selain itu, menurut dia, ada program-program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa di berbagai desa di Bali dan provinsi lainnya di Indonesia.

“Ini juga menjadi sarana dan sosialisasi pengenalan kampus UHN kepada masyarakat secara luas,” sambung I Gusti Ngurah Sudiana.

I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikan bahwa kesuksesan berbagai program prioritas Menteri Agama yang dilaksanakan civitas academica merupakan bentuk komitmen dalam mengembangkan lembaga ke arah yang lebih baik.

Terlebih, kampus Hindu Negeri pertama di Indonesia ini sedang menuju World Class University.

Terpisah, Ketua LPPM UHN IGB Sugriwa, I Made Sugata mengucapkan terima kasih atas penyambutan perangkat Desa Binyan yang telah memberikan ruang untuk melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat dan implementasi program kemitraan yang menyasar warga difabel dan prasejahtera.

“Dari lembaga, secara materiil tentu tidak bisa banyak memberi bantuan, namun harapannya tali kasih UHN IGB Sugriwa dengan masyarakat semakin terjalin baik, khususnya dengan Desa Binya. Apalagi beberapa waktu lalu kami pernah melatih yoga bersama di sini,” kata I Made Sugata.

I Made Sugata juga menyampaikan bahwa saat ini UHN IGB Sugriwa tengah menerima pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 yang bisa diakses melalui https://maba.uhnsugriwa.ac.id/.

Kampus membuka peluang beasiswa bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan.

Sekretaris Desa Binyan, I Made Pasek Surya Brata dan jajarannya menyambut baik dan terimakasih atas kedatangan tim pengabdian masyarakat dari UHN IGB Sugriwa.

“Memang benar ada beberapa masyarakat kami berkategori kemiskinan ekstrem. Kami berharap program seperti ini berlanjut kedepannya. Selain itu, kami juga berharap ada bantuan pendidikan, seperti beasiswa bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan bisa terfasilitasi,” tandas I Made Pasek Surya Brata.

Kegiatan Pengabdian di Bangli, menyasar Desa Binyan, Kecamatan Kintamani. Tim ini dipimpin oleh Ketua LPPM, I Made Sugata, selaku ketua pelaksana dengan sekretaris, I Wayan Sorga, didampingi tiga anggota, yakni I Dewa Rat Dwiyana Putra; I Made Adi Brahman; dan I Nyoman Surpa Adisastra.

Sedangkan di Karangasem menyasar Desa Tulamben, Kecamatan Kubu. Tim ini dipimpin oleh Sekretaris LPPM, I Ketut Gunarta, selaku ketua pelaksana dengan sekretaris, Ni Nyoman Ayu Swarthini, didampingi anggota, Gusti Nyoman Mastini; I Gede Januariawan; dan Kadek Dedy Herawan. (HS-08).

Bertemu Petinggi Nikkei Inc, Airlangga Hartarto Ungkap Potensi Ekonomi Digital Indonesia

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya, Sabtu (25/5/2024)