Udinus Ciptakan Generasi Muda Unggul Dengan Dinusfest 2021

Rektor Udinus, Prof Dr Ir Edi Noersasongko, MKom saat mengisi ajang Dinus Festival (Dinusfest) 2021.

 

HALO SEMARANG – Sebanyak 3.125 siswa SMA/SMK sederajat mengikuti ajang Dinus Festival (Dinusfest) 2021 yang digelar oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus).

Ajang tingkat nasional itu sebagai wadah asah kreativitas siswa maupun mahasiswa di Indonesia, dan digelar sejak 18 Januari 2021 hingga 18 Februari 2021. Kegiatan tersebut menampilkan puluhan lomba, mulai dari seni hingga teknologi, dengan bertemakan ‘Together We Can Achieve The Extraordinary’.

Dinusfest merupakan rangkaian lomba antarsiswa SMA/SMK Sederajat, serta berbagai macam expo yang diselenggarakan oleh Udinus secara rutin setiap tahunnya.

Ribuan peserta dari berbagai daerah di Indonesia, terbagi ke dalam 25 lomba, tiga di antaranya IT Competition Bisnis TIK, Dinus Christian Choir Competition, dan Kompetisi Artikel Ilmiah.

Rektor Udinus, Prof Dr Ir Edi Noersasongko, MKom mengatakan, perlombaan yang dilangsungkan secara daring ini mampu menarik minat peserta dalam bidang teknologi.

“Udinus menjadi universitas swasta dengan visi dan misi di bidang pendidikan dan kewirausahaan, memiliki banyak kegiatan. Seperti kompetisi, ekstra maupun intra kulikuler yang selalu melibatkan pelajar SMA/SMK secara nasional,” kata Edi saat memberikan sambutan dalam pembukaan Dinusfest 2021.

Menurutnya, di tengah pandemi ini, peserta mampu mengasah soft skill mereka dan mampu menciptakan inovasi baru baik dalam seni maupun teknologi.

“Meskipun pandemi, hal ini menjadi kesempatan bagi peserta untuk menuangkan ide kreatif mereka dalam teknologi, tidak hanya teknologi namun seluruh bidang. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan para pelajar lebih berprestasi meningkatkan diri sesuai passion yang dimiliki,” papar Edi.

Meskipun dilangsungkan di tengah pandemi, pelaksanaan lomba masih berjalan dengan baik. Seluruh lomba dilaksanakan secara daring, sehingga peserta tidak perlu bertatap muka dengan peserta lain. Serta seluruh panitia diwajibkan mengikuti protokol kesehatan agar mampu menekan penyebaran Covid-19.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr Kusni Ingsih, MM mengatakan, Dinusfest ini merupakan ajang kreasi Udinus bagi siswa-siswi di SMA/SMK sederajat.

Ia mengatakan, melalui kegiatan perlombaan ini mampu meningkatkan jiwa berkompetisi peserta, sehingga meningkatkan inovasi dan kreativitas mereka.

Hal ini menjadi salah satu usaha Udinus dalam membentuk semangat peserta dalam berkarya.

“Setiap peserta pasti akan berusaha untuk memenangkan perlombaan atau kompetisi. Mereka akan memahami bahwa ada menang dan kalah, di sinilah tumbuh jiwa berkompetisi agar menjadi pemenang. Para pemenang akan diberikan beasiswa oleh Udinus, dengan begini passion mereka bisa dikembangkan dengan ruang yang kami berikan,” paparnya.

Udinus pada tahun 2021 ini telah dinobatkan sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Jawa Tengah dan terakreditasi A.

Hal ini menjadi kebanggaan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di udinus. Dinusfest 2021 menjadi langkah Udinus untuk mencetak generasi muda yang tekun, kreatif dan inovatif, serta unggul dalam seni, teknologi, maupun olahraga.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.