in

Udara Terasa Panas Sepekan Terakhir, Ini Penyebabnya

ilustrasi cuaca panas

HALO SEMARANG – Suhu udara di Indonesia, khususnya di Jawa Tengah akhir-akhir ini terasa sangat panas. Khususnya saat siang hari, suhu udara bahkan mencapai 37 derajat celsius. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan 5 hal yang menjadi penyebabnya.

Melalui akun Instagramnya, BMKG menyampaikan penyebab pertama suhu panas di Indonesia ialah dinamika atmosfer yang tidak biasa. Selain itu alasan kedua, sedang terjadi gelombang panas di wilayah Asia.

“Suhu panas bulan April di wilayah Asia Selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu matahari: lonjakan panas tahun 2023 terparah,” jelas BMKG, Minggu (23/4/2023).

Penyebab ketiga ialah tren pemanasan global dan perubahan iklim: gelombang panas ‘heatwave’ semakin berisiko berpeluang terjadi 30 kali lebih sering. Sebab keempat adalah dominasi monsun Australia: Indonesia memasuki musim kemarau.

Penyebab kelima, intensitas maksimum radiasi matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan. Suhu di Indonesia tercatat paling panas, yaitu 37,2 derajat celsius, terjadi di Tangerang Selatan (Tangsel).

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang Klimatologi BMKG Dodo Gunawan menjelaskan, setidaknya ada lima hal tersebut yang menjadi penyebab suhu panas di Indonesia.

Suhu panas bulan April di wilayah Asia Selatan secara klimatologis dipengaruhi oleh gerak semu matahari, lonjakan panas tahun 2023 adalah yang terparah.

Tren pemanasan global dan perubahan iklim, gelombang panas “heatwave” semakin berisiko berpeluang terjadi 30 kali lebih sering.

Dominasi monsun Australia, Indonesia memasuki musim kemarau. Intensitas maksimum radiasi Matahari pada kondisi cuaca cerah dan kurangnya tutupan awan.(HS)

Dua Mantan yang Jadi Andalan Arsenal

Apel Bersama Sekaligus Halal Bi Halal, Wabup Kendal dan Para ASN Saling Bermaafan