in

Ucapkan Selamat Jumat Agung : Kapolri Ajak Jaga Toleransi dan Perkuat Persatuan Kesatuan

Sumber : humas.polri.go.id

 

HALO SEMARANG – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Jumat Agung 2024,  kepada seluruh umat Kristiani di Indonesia.

Kapolri dalam unggahannya di akun Instagram @listyosigitprabowo pada Jumat (29/3/2024), mengatakan bahwa perayaan Jumat Agung, merupakan pengingat terhadap pengorbanan besar Yesus Kristus, untuk menebus dosa dan menyelamatkan umat manusia.

“Perayaan Jumat Agung menjadi pengingat terhadap pengorbanan besar Yesus Kristus, untuk menebus dosa dan menyelamatkan umat manusia,” kata Kapolri, seperti dirilis humas.polri.go.id.

Lebih lanjut, Kapolri juga menuturkan bahwa momentum Jumat Agung ini, memiliki makna untuk mengevaluasi diri dan memperbaiki diri menjadi lebih baik dalam memperoleh damai dan bahagia.

“Momentum ini mempunyai makna untuk mengevaluasi diri dan memperbaiki diri menjadi lebih baik dalam memperoleh damai dan bahagia,” ungkap Kapolri.

Pada akhir pesannya, Kapolri mengajak seluruh umat Kristiani untuk menjaga toleransi dan memperkuat persatuan kesatuan.

“Selamat memperingati Jumat Agung, mari jaga terus toleransi dan semakin kuatkan persatuan kesatuan,” tutup Kapolri.

Pengamanan

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan, mengecek pengamanan beberapa gereja di Kabupaten Jepara.

Kegiatan dilakukan untuk memastikan kegiatan peribadatan Tri Hari Suci yakni Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, Minggu Paskah berjalan lancar.

“Hari ini kita laksanakan pemantauan sekaligus pengecekan pengamanan kegiatan peribadatan Tri Hari Suci yakni Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, Minggu Paskah di beberapa gereja di wilayah Kabupaten Jepara. Dari hasil pantauan, rangkaian kegiatan peribadatan berjalan dengan lancar dan kondusif. Kemudian para jemaat juga mengikuti kegiatan tersebut dengan baik,” ujar AKBP Wahyu saat ditemui di sela-sela kegiatan pengecekan di Gereja Katolik Stella Maris, Jumat (29/3/2024).

Beberapa gereja yang dikunjungi yakni Gereja Katolik Stella Maris, Gereja Bethel Tabernakel Kristus Alfa Omega, GKMI Jepara dan GITJ Jepara.

AKBP Wahyu menyampaikan, pihak kepolisian siap mengamankan pelaksanaan rangkaian ibadah pada Tri Hari Suci. Nantinya pihak kepolisian akan siaga memastikan ibadah berjalan lancar.

“Polres Jepara sendiri telah menerjunkan 116 personel dalam pengamanan rangkaian ibadah pada Tri Hari Suci Paskah tahun 2024. Selain ditempatkan di gereja-gereja, personel pengamanan juga dalam bentuk tim mobile untuk melaksanakan patroli,” jelasnya.

Di samping itu, Abituren Akpol 2003 ini meminta jajaran untuk bertugas secara maksimal. Pihak kepolisian, lanjut dia, siap memastikan rangkaian kegiatan peribadatan berjalan aman dan lancar.

“Kami selalu mengingatkan seluruh jajaran untuk tidak underestimate, untuk terus melakukan kegiatan kepolisian. Tentunya bersinergi dan bekerja sama dengan semua pihak supaya situasi Kamtibmas bisa lebih optimal, lebih kondusif,” ucap AKBP Wahyu.

“Masyarakat tidak perlu khawatir beraktivitas. Petugas seluruh jajaran Polres Jepara ada siaga 24 jam. Kami siap melayani dan mengamankan kegiatan masyarakat. Apabila menemui gangguan Kamtibmas bisa menghubungi Call Center Polri 110 atau WhatsApp Siraju 08112894040, itu gratis, silakan,” imbuhnya.

Kapolres juga menambahkan, jika sebelumnya Polres Jepara juga telah melaksanakan sterilisasi di gereja-gereja sebelum pelaksanaan Tri Hari Suci Paskah.

Kapolres berharap, dengan upaya-upaya yang dilakukan ini, pelaksanaan Paskah khususnya di wilayah Kabupaten Jepara dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

Untuk diketahui, di Kabupaten Jepara sendiri ada sebanyak 106 gereja yang akan melaksanakan peringatan Tri Hari Suci Paskah 2024. Dari gereja-gereja itu, sebanyak 16 gereja akan menjadi prioritas pengamanan karena jumlah jemaatnya yang lebih dari 100 orang. (HS-08)

TPID Boyolali Cek Stok Ketersediaan Kebutuhan Pokok

Umat Katolik Blora Mengenang Sengsara dan Wafat Yesus Kristus Dalam Ibadat Visualisasi Jalan Salib