in

Tuntutan Listrik dan Parkir Gratis Sudah Disetujui Bupati, Kondisi Pasar Relokasi Masih Tetap Sepi

Lapak di Pasar Relokasi di Terminal Bahurekso Desa Jenarsari Gemuh yang masih terlihat sepi, belum ditempati pedagang, Senin (14/2/2022)

HALO KENDAL – Persoalan Pasar Relokasi di Terminal Bahurekso Kabupaten Kendal, yang  diperuntukkan bagi para pedagang eks Pasar Weleri 1 yang terbakar memasuki babak baru.

Pasalnya, meski tuntutan para pedagang terkait biaya listrik ditanggung pemerintah dan pembebasan biaya parkir selama tiga bulan sudah dipenuhi oleh Bupati Kendal, namun para pedagang yang masih berjualan di luar belum juga menempati lapak dan kios di pasar relokasi.

Keputusan Bupati Kendal tersebut telah disampaikan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kendal, Ferinando Rad Bonay saat bertemu dengan para pedagang eks Pasar Weleri 1, di pasar relokasi, pada pekan lalu Senin (7/2/2022).

Bahkan pernyataan Kadisdagkop UKM tersebut juga disaksikan dan disampaikan di hadapan Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, yang juga hadir dalam pertemuan.

“Di antaranya, listrik di relokasi pasar akan ditanggung oleh Pemkab Kendal, kemudian permintaan parkir gratis selama tiga bulan untuk para pedagang dan pembeli. Kedua hal tersebut yang diputuskan oleh bapak Bupati,” kata Ferinando.

Namun, Bupati juga meminta kepada para pedagang yang masih berjualan di luar pasar relokasi untuk segera pindah dan berjualan di tempat yang sudah disediakan, karena sudah dipenuhi permintaannya.

“Jadi bapak bupati meminta kepada para pedagang segera masuk dan berjualan di pasar relokasi. Selanjutnya, yang akan difasilitasi adalah pedagang yang berjualan di pasar relokasi ini,” imbuh Ferinando.

Dari pantauan, selama akhir pekan baik Sabtu (12/2/2022) dan Minggu (13/2/2022), suasana pasar relokasi nampak sepi oleh pembeli. Sebagian besar kios atau lapak di sana masih kosong belum ditempati pedagang.

Sepinya pasar relokasi ini dikeluhkan beberapa pedagang yang sudah menempati pasar relokasi, sejak diminta pindah dari pasar kobong (eks pasar Weleri 1) tahun lalu.

Seperti diungkapkan salah seorang pedagang yang sudah menempati Pasar Relokasi di Terminal Bahurekso, Rohadi. Dirinya mengaku, sejak diminta pindah oleh pemerintah dari pasar yang terbakar, dirinya langsung mengikuti apa yang jadi keputusan tersebut.

Namun setelah pindah, dia mengaku penghasilannya bukannya meningkat malah menurun drastis.

“Ya seperti ini, beberapa hari masih sepi belum ada peningkatan jumlah pembeli,” ungkap Rohadi.

Ia yang berjualan sembako dan sayuran berharap kepada rekan-rekan sesama pedagang yang masih berjualan di luar pasar relokasi dan berkartu kuning, supaya segera berjualan dan menyatu bersama pedagang lain di pasar relokasi.

Selain itu, Rohadi juga berharap kepada pihak dinas terkait untuk bisa menertibkan pedagang, yang masih jualan di luar dan berkartu kuning, khususnya yang berjualan di Longopan dan Penyangkringan.

“Kalau mereka masih jualan di sana ya kemungkinan semua pedagang di sini akan lari dan pindah kesana juga. Karena pembeli kami rata-rata sudah belanja di sana dan enggan datang ke pasar relokasi,” imbuh Rohadi.

Sementara menurut perwakilan dari CV Semangka Jaya selaku pengelola parkir di Pasar Relokasi di Terminal Bahurekso, Miskam, pihaknya sudah memberlakukan parkir gratis kepada para pembeli, sejak, Jumat (11/2/2022). Yang berlaku dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WIB.

Meski demikian, untuk pintu masuk, pihaknya masih menggunakan palang barier gate. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ya karena dikhawatirkan akan muncul permasalahan baru. Misal terjadi kasus kehilangan kendaraan di area Terminal Bahurekso dan juga adanya oknum-oknum yang memungut parkir secara liar,” ujar Miskam, saat ditemui halosemarang.id, Senin (14/2/2022).

Selain itu, diberlakukannya parkir gratis mulai tanggal tersebut, karena menurutnya ini sebagai bentuk tanggung jawab pekerjaan yang sudah dituangkan dalam kontrak tertulis, bahwa CV Semangka Jaya sebagai pengelola parkir.

“Ya setelah kami bertemu dengan pak Toha Sekda Kendal, Jumat kemarin (11/2/2022), kami diminta untuk segera memberlakukan parkir gratis kepada para pengunjung relokasi pasar. Dan kami setuju,” ungkapnya.

Sedangkan untuk parkir para pedagang, lanjut Miskam, pihaknya juga masih memberlakukan penggunaan kartu member parkir. (HS-06).

Gelar Dinus Chess International Online Tournament, Udinus Hadirkan GM Susanto

Satpol PP Mulai Tertibkan Eks Pedagang Pasar Weleri di Longopan