in

Tunggu Sebentar Lagi, Presiden Akan Lantik Jenderal Andika Sebagai Panglima TNI

Presiden Jokowi usai Peresmian Jalan Tol Serang-Panimbang Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung, di Lebak, Banten, Selasa (16/11). (Foto: Setkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Rabu (17/11) siang akan melantik Panglima TNI dan sejumlah pejabat lain, termasuk para duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) RI.

“Pelantikan Panglima (TNI), InsyaAllah hari Rabu (17/11/2021),” kata Jokowi, kemarin setelah meresmikan jalan tol Serang-Panimbang seksi 1 ruas Serang-Rangkasbitung, di Gerbang Tol Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (17/11) mengatakan Presiden juga akan melantik Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala BNPB, dan 12 duta besar Republik Indonesia untuk negara sahabat.

“Pelantikan akan dilaksanakan Rabu, 17 November 2021 pukul 13.30 WIB di Istana Negara,” kata dia.

Kasetpres menjelaskan bahwa posisi KSAD akan diisi oleh Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Sementara untuk Kepala BNPB, Presiden akan melantik Mayor Jenderal TNI Suharyanto, yang saat ini menjabat sebagai Panglima Kodam V/Brawijaya.

Adapun 12 calon duta besar luar biasa dan berkuasa penuh (LBBP) RI yang akan dilantik adalah M. Prakosa (Italia), Rudy Alfonso (Portugal), Ghafur Akbar Dharmaputra (Ukraina),  Anita Luhulima (Polandia), Suwartini Wirta (Kroasia),  Ina Krisnamurti (India), Daniel Tumpal Simanjuntak (Kanada),  Zuhairi Misrawi (Tunisia),  Damos Agusman (Austria), Heru Subolo (Bangladesh),  Gandi Sulistiyanto (Korea Selatan), Triyogo Jatmiko (Tanzania).

Pertahankan Sinergitas

Sementara itu berkaitan dengan rencana pelantikan Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyatakan sinergitas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan Panglima TNI akan terus dipertahankan.

Menurut Dedi Prasetyo, selama ini Polri dan TNI telah bersinergi dalam melaksanakan berbagai kegiatan, seperti melaksanakan operasi kemanusiaan dan pengamanan event Internasional dan nasional. Bahkan sinergitas itu sudah terjalin sejak Andika Perkasa menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad).

“Tentu sinergitas yang selama ini telah terbangun dari mulai tingkat bawah sampai tingkat atas ini akan terus kita pertahankan dan terus kita tingkatkan dalam rangka ciptakan situasi kamtibmas,” kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, seperti dirilis Humas.polri.go.id.

Dedi menegaskan Polri mendukung penuh keputusan Presiden Jokowi, yang menunjuk Jenderal Andika sebagai Panglima TNI. Dukungan itu salah satunya dengan mempertahankan sinergitas antara Polri dan TNI di bawah kepemimpinan Jenderal Andika.

“Sikap Polri tetap mensupport penuh apa yang menjadi kebijakan dari pemerintah, khususnya Bapak Presiden. Karena itu merupakan hak pregoratif Bapak Presiden,” kata Dedi. (HS-08)

Share This

Hadirkan Pelayanan Terpadu di MPP. Bupati Karanganyar Gandeng 13 Mitra

Bea Cukai Salurkan Hibah 50 Hepa Ventilation dari Tiongkok Untuk Penanganan Covid-19 di Surakarta