in

Tundukkan PSS 5-2, PSIS Juara Grup A Piala Presiden

Laga antara PSIS vs PSS pada babak lanjutan penyisihan Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, Jumat (24/6/2022).

HALO SEMARANG – PSIS sukses menundukkan PSS dengan skor 5-2 pada babak lanjutan penyisihan Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, Jumat (24/6/2022). Lima gol PSIS dicetak Jhonatan Cantillana menit 6 dan 23, Carlos Fortes menit 44 dan 62, dan Hari Nur Yulianto menit 90+2. Sementara gol PSS dihasilkan melalui kaki Riki Dwi menit 36 dan Rifky Suryawan menit 88.

Atas hasil ini, PSIS memastikan menjadi juara grup A dengan poin 10 dari empat laga. Poin yang terkumpul ini sudah dipastikan tak mampu dikejar oleh peringkat dua PSS, Persita, Dewa United, meupun Persis. Satu tiket lainnya dari Grup A akan diperebutkan PSS (4 poin), Persita Tangerang (3 poin), Dewa United (2 poin), dan Persis Solo (2 poin). Ketiga klub tersebut masih menyisakan 1 laga.

Penentuan siapa yang menjadi runner-up masih harus ditentukan di laga terakhir, antara PSS vs Dewa United dan Persis vs Persita di laga terakhir tanggal 27 Juni 2022 di Stadion Manahan, Solo.

Dari jalannya laga, sejak kick off babak pertama pertandingan berlangsung dengan tensi tinggi. Kedua tim ingin mencuri gol di awal laga. PSIS sukses mencetak gol pertama pada menit 6 melalui sundulan Jonathan Cantillana. Bermula dari sepak pojok, bola mampu dihalau oleh kiper PSS, Jandia Eka Putra. Namun, bola muntah jatuh di kaki Wawan Febrianto yang kemudian mampu mengirimkan umpan ke Jonathan.

Mario Maslac tak mampu mengantisipasi sundulan Jonathan dan gawang Jandia akhirnya jebol. 1-0 PSIS unggul.

Tersengat gol cepat PSIS, Super Elja mencoba menaikkan tensi serangan. Lini depan PSS mencoba membongkar pertahanan Mahesa Jenar yang dikomando Alie Sesay. Namun serangan tim PSS masih buntu karena kedisiplinan pemain belakang PSIS.

Menit 23, PSIS malah mampu menggandakan keunggulan. Kembali kombinasi Wawan Febrianto dan Jonathan Cantillana berbuah hasil. Bola terobosan Wawan mampu dimanfaatkan Jonathan yang dengan mudah menyontek bola dan mengecoh Jandia. PSIS pun unggul 2-0.

Tertinggal dua gol membuat PSS Sleman harus keluar menyerang. Namun, pressing tinggi yang diterapkan PSIS sangat sulit ditembus Super Elja.

Upaya PSS akhirnya membuahkan hasil. Menit 39 PS Sleman mampu menipiskan ketertinggalan. Umpan vertikal dari pemain belakang PSS mampu dimanfaatkan Riki Dwi. Pemain bernomor punggung 17 itu mengecoh dua pemain PSIS, Dewangga dan Ali Sesay sebelum menceploskan bola ke gawang. Skor pun berubah 2-1.

Namun lima menit berselang, PSIS kembali mencetak gol melalui titik pinalti Carlos Fortes. Hal itu setelah pemain asing PSIS asal Jepang, Marukawa dilanggar oleh kiper PSS, Jandia Eka Putra. Eksekusi pinalti Fortes tak mampu dihalau Jandia Eka Putra. PSIS Semarang unggul 3-1 atas PSS.

Pada babak kedua, Carlos Fortes akhirnya mencetak gol keduanya pada menit ke-62. Kesalahan Jandia Eka Putra yang gagal memegang bola dengan sempurna saat menahan tendangan bebas Wawan Febrianto, mampu dimanfaatkan oleh Carlos Fortes untuk kembali menggetarkan jala gawang PS Sleman. PSS kembali memperkecil ketertinggalan pada menit ke-88 melalui gol yang dicetak oleh Rifky Suryawan. Namun di penghujung laga, tandukan Hari Nur Yulianto pada menit ke-90+2 menjadi gol penutup dan memastikan keunggulan PSIS. Skor 5-2 untuk PSIS bertahan hingga pertandingan berakhir.(HS)

KONI Kendal Target 10 Besar di Porprov Jateng 2023

Tahlilan Bung Karno, Ribuan Warga Salawatan Bareng di Benteng Vastenburg