in

Tumbuhkan Kreativitas, SDN Sekaran 01 Gelar Karya P5 Para Siswa

Acara Karya P5 yang diselenggarakan di halaman SDN Sekaran 01, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, berlangsung gayeng dan meriah. (Foto : dok)

 

HALO SEMARANG – Ada beragam cara yang dapat dilakukan, untuk memberikan pendidikan tentang Pancasila, kewarganegaraan, dan Bhinneka Tunggal Ika,

Seperti yang dilaksanakan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sekaran 01, di Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, dengan menggelar acara “Karya P5”, selama sehari penuh di lapangan sekolah tersebut.

Kepala SDN Sekaran 01, Santoso SPd mengatakan kegiatan serupa sudah rutin digelar setiap tahun. Adapun untuk tahun ini, penyelenggara mengambil tema “Be Creative and Positive in Diversity” atau dalam bahasa Indonesia berarti “Jadilah Kreatif dan Positif dalam Keberagaman”.

Menurut Santoso, kegiatan tersebut dikuti para siswa dari kelas 1 hingga 6, dengan tujuan untuk mengajak mereka agar menjadi kreatif dan positif, dalam menyikapi kehidupan di masyarakat yang penuh dengan keberagaman.

“Kami ingin memberi ruang dan waktu untuk peserta didik dalam mengembangkan kompetensi dan memperkuat karakter dan Profil Pelajar Pancasila. Dengan kegiatan ini semoga para siswa bisa lebih kreatif dan menyalurkan bakat dan minatnya secara positif,” ungkap Santoso.

Dijelaskan, masing-masing penampil diberikan tema yang berbeda dalam penyajiannya.

Pada kelas 1 mengakat “Kearifan Lokal”, kelas 2 tentang “Sampahku Tanggung Jawabku”, kelas 3 memunculkan “Jiwa Wirausaha Melalui  Hasta Karya Anak”.

Adapun kelas 4 bertemakan “Bergotong Royong dengan Ecopreuner Budidamber dan Sayuran Organik”, kelas 5 tentang “Kebhinnekaan Global dengan Maksud Mempereratkan Persatuan dengan Bhinneka Tunggal Ika”.

Sedangkan tema yang ditampilkan kelas 6 yakni tentang “Kewirausahaan Yang Ingin Meningkatkan Kreatifitas dan Kewirausahaan”.

Acara berlangsung gayeng. Sesari pagi para siswa-siswa sudah menyiapkan hasta karya masing-masing di stan yang telah disediakan. Tak ketinggalan para orang tua peserta didik ikut pula hadir dan meramaikan suasana.

Lurah Sekaran, Sri Hartatin, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan SDN 01 Sekaran.

Menurutnya kegiatan tersebut sangatlah positif dan bisa menumbuhkembangkan potensi dan daya kreatif para siswa.

Pihaknya sangat mendukung jika kegiatan seperti ini terus dilaksanakan secara rutin.

Tujuannya semata-mata agar para siswa selain belajar akademik di sekolah, juga bisa mendapatkan kegiatan positif yang mengasah kekreativitasan peserta didik.

Sementara itu nampak hadir dalam kegiatan tersebut yakni Kepala Korsatpend Kecamatan Gunungpati, Kepala sekolah se-gugus Dewi Kunthi, Lurah Sekaran Lurah Sri Hartatin,

Babinsa dan Babinkamtibmas Sekaran, serta orang tua siswa SDN Sekaran 01. (HS-08)

Ingin Tingkatkan Layanan, RSUD RAA Soewondo Pati Berguru ke Tulungagung

Panen Telur Bareng Peternak Magetan, Ganjar Ingat Kehidupan Susah pada Masa Kecil