in

Truk Muatan Cairan HCL Keluar Dari Jalur Tol, Kemudian Terjun Ke Permukiman Warga

Truk bernomor polisi L-9628-UL yang bermuatan cairan HCL seberat 16000 liter terjun ke permukiman warga di Jalan
Beruang Dalam Timur, Kelurahan Kalicari, Kecamatan Pedurungan, Sabtu (26/6/2021).

 

HALO SEMARANG – Terjadi kecelakaan tunggal di Jalan Tol KM 433 Gayamsari, Kota Semarang pada Sabtu (26/6/2021) sekira pukul 06.30 WIB. Truk bernomor polisi L-9628-UL yang bermuatan cairan HCL seberat 16.000 liter yang melintas di jalur tol, lepas kendali dan keluar jalur tol kemudian nyaris menabrak permukiman warga. Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Agus Pramono, Manajer Area Tol Semarang ABC dan Batang mengatakan, kejadian itu dikarenakan supir truk mengantuk saat melaju di jalur tol Semarang.

Dia menjelaskan, kejadian bermula ketika truk dari arah utara (pintu tol Gayamsari) menuju ke arah Selatan (pintu tol Jatingaleh).

Kemudian karena mengantuk, supir truk alami oleng ke kiri, sehingga terjun ke permukiman warga yang berada di Jalan
Beruang Dalam Timur, Kelurahan Kalicari, Kecamatan Pedurungan.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, namun menimpa salah satu kendaraan box milik warga dan genteng, kabel, tiang listrik juga rusak,” kata Agus kepada halosemarang.id di lokasi.

Saat ini pihaknya berkoordinasi dengan Kementrian Lingkungan Hidup untuk proses evakusi, mengingat muatan yang diangkut adalah cairan untuk menghilangkan karat yang sangat membahayakan bagi manusia.

“Kita juga memanggil kren untuk evakuasi truk, kemudian tahapan-tahapan untuk warga tak boleh mendekat ke lokasi karena limbah ini sangat berbahaya. Jika menghirup atau terkena bisa menimbulkan gatal-gatal,” tambahnya.

Sementara itu, supir truk Yonatan Andreanto (28) menjelaskan, akibat kejadian tersebut dia mengalami beberapa luka ringan pada tubuhnya.

Pria asal Kediri itu menuturkan, muatan itu ia bawa dari Surabaya pada Jumat (25/6/2021) pukul 18.00 WIB dengan tujuan ke pabrik besi yang berada di Kecamatan Banyumanik.

Karena hanya istirahat satu jam, saat perjalanan ia mengalami kecapaean sampai mengantuk hingga terjadi kecelakaan tersebut.

“Alhamdulillah tidak apa-apa, hanya mengalami lecet pada pundak dan di wajah. Kecapean karena tidur cuma satu jam,” katanya sambil meringis.(HS)

Share This

Jokowi Sebut Penanganan Pandemi Perlu Kesamaan Frekuensi

Menteri PAN RB Larang ASN ke Luar Kota