in

Trend “Dede” Saat Pandemi, Diyakini Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Warga Purwosari, Kecamatan Semarang Utara saat berjemur atau Dede di depan rumahnya, Senin (4/7/2021).

 

DEDE atau berjemur untuk mendapatkan sinar matahari pagi, saat ini sedang menjadi trend masyarakat Indonesia di masa pandemi Covid-19. Dede dipercaya oleh masyarakat bisa memberikan kesehatan bagi tubuh, tanpa banyak mengeluarkan biaya. Khususnya untuk memperoleh vitamin D bagi tubuh.

Apalagi di masa pandemi Covid-19 ini, masyarakat meyakini bahwa dengan melakukan hal tersebut dapat meningkatkan imunitas dan kekebalan tubuh.

“Setiap pagi saya sempatkan untuk dede karena bagus untuk tulang, kulit, dan meningkatkan kekebalan tubuh,” kata Dewi warga Purwosari, Kecamatan Semarang Utara saat ditemui halosemarang.id, Senin (5/7/2021).

Dewi menyebut, dengan melakukan dede diharapkan dapat mencukupi asupan vitamin D. Akan tetapi harus tahu aturan-aturan berjemur di bawah sinar matahari, karena jika salah bisa berbahaya bagi tubuh.

“Saya baca-baca melakukan dede yang baik itu gimana. Di internet sinar matahari yang bagus itu pukul 10.00 WIB dan tidak boleh lama-lama hanya 15 menit saja,” tuturnya.

Sementara itu, Risky salah satu warga lainya menuturkan, dede juga sudah menjadi kebiasaan warga khususnya lansia di tempat tinggalnya.

Dia menerangkan, hampir setiap hari para lansia meluangkan waktunya untuk berjemur di bawah sinar matahari, karena hal tersebut mereka yakini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

“Tak hanya lansia, kadang anak muda juga pada keluar untuk melakukan. Hal ini juga sudah jadi kebiasaan warga sini,” imbuhnya.

Sebagai informasi, terkena paparan sinar matahari pagi memang bisa merangsang tubuh untuk menghasilkan vitamin D. Vitamin D merupakan salah satu vitamin larut lemak yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan, terutama kesehatan tulang.

Vitamin yang sering kali disebut dengan vitamin matahari ini, berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang, menjaga kadar kalsium dan fosfor untuk tetap normal, meningkatkan pertumbuhan sel tulang, dan meringankan peradangan ketika terjadi infeksi di dalam tubuh.(HS)

Share This

6 Aneka Bubur Yang Dapat Dikreasikan Ala Dapur Rumahan

Karyaland dan PT Tanah Mas Tandatangani MoU Bangun Pusat Bisnis di Kawasan Rodamas Semarang