in

Tradisi Jelang Lebaran, Warga Bandengan Nyekar Ke Makam Keluarga

Tradisi Nyekar di makam Kelurahan Bandengan jelang lebaran Idulfitri 1442 H, Rabu (12/5/2021).

 

HALO KENDAL – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 144 H, sebagian besar umat muslim berziarah ke makam keluarga maupun leluhurnya. Tradisi ini sering disebut dengan istilah ‘Nyekar’.

Tradisi tersebut sudah ada pada zaman nenek moyang dan tetap lestari secara turun temurun.

Hingga sampai saat ini, tradisi nyekar juga masih dapat ditemui di sebagian besar daerah di Kabupaten Kendal, khususnya warga Kelurahan Bandengan, Kecamatan Kendal.

Beberapa anggota keluara berbondong-bondong sejak siang, mengunjungi makam dan mendoakan sesepuh maupun orang tuanya yang sudah meninggal dunia dan dimakamkan di Bandengan, Rabu (12/5/2021).

Menurut juru jaga makam Kelurahan Bandengan, Endro Ariawan, tradisi ini sudah turun temurun dilaksanakan warga setempat khususnya dalam menyambut Lebaran dan saat malam Jumat Kliwon.

“Kalau menjelang Lebaran seperti ini, ada sekitar 3.000 pengunjung yang datang ke makam Bandengan. Sebagian besar warga setempat dan warga sini yang tinggal di luar daerah,” terang Endro kepada halosemarang.id.

Untuk mengantisipasi pengunjung yang berdesakan dan tidak mengikuti protokol kesehatan, pihaknya dibantu Linmas, Ormas dan Pemuda karang taruna Kelurahan Bandengan.

“Kami ingatkan kepada warga untuk tidak berdesakan dan menggunakan masker. Bahkan dari Karang Taruna juga membagikan masker kepada warga yang kedapatan tidak menggunakan masker,” jelas Endro.

Terpantau, berbagai lantunan doa dipanjatkan untuk leluhur di pemakaman. Tidak kelewatan juga para peziarah juga melakukan perawatan makam keluarga mereka.

“Selain berdoa kami juga rutin membersihkan makam sesepuh dan orang tua kami agar tidak cepat rusak,” ungkap Soma Handoyo salah seorang warga Bandengan yang kini tinggal di Kaliwungu.(HS)

Share This

Dosen USM Bantu Pemasangan Pompa Hidram di Desa Candi Promasan

Ombudsman Jateng Soroti Minimnya Standar Pelayanan Publik Bagi Pengguna Kebutuhan Khusus