TPQ Lansia Fatkhul Huda Buktikan Usia Bukan Penghalang Belajar Al Qur’an

Warga lanjut usia di Desa Karangkendal, Kecamatan Tamansari mengikuti kegiatan mengaji di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Fatkhul Huda. (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Bulan suci Ramadan adalah saat di mana kaum muslim berlomba-lomba berbuat kebaikan, tak terkecuali bagi warga lanjut usia (lansia) di Desa Karangkendal, Kecamatan Tamansari.

Sekali dalam sepekan, mereka mengikuti kegiatan mengaji di Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Fatkhul Huda. Meski sudah tidak muda lagi, warga tetap antusias untuk mengikuti kegiatan.

Kepala Desa Karangkendal, Slamet Sumarno, menjelaskan TPQ lansia Fatkhul Huda diikuti 40 lansia. Kegiatan dilaksanakan setiap Sabtu, di masjid selama 90 menit.

Slamet mengatakan bahwa Pemerintah Desa Karangkendal memberikan dukungan berupa fasilitasi dan dorongan masyarakat dalam mempelajari Al Qur’an.

“Warga sangat antusias, setelah adanya pembelajaran baca dan menulis Al Qur’an ini, dengan harapan bisa mengetahui arti dan makna Al Qur’an tersebut,” terangnya saat ditemui di TPQ Fatkhul Huda Sabtu (17/4), seperti dirilis Boyolali.go.id.

Terpisah, ustadz pengajar TPQ Fatkhul Huda, Amir Susilo mengatakan mengajar lansia memerlukan kesabaran berlebih, dibandingkan dengan mengajar anak-anak, karena perlu dilakukan berulang-ulang. Selain lansia, Amir juga mengajar anak-anak dari usia Paud, TK, SD hingga SMP dengan jumlah murid 50 orang.

“Tentunya banyak perbedaannya, untuk manula harus lebih sabar dan harus sering diulang-ulang, dan makhrojul hurufnya harus lebih jelas,” kata Amir.

Salah seorang warga lansia yang mengikuti, Enggarwati Rahayuningsih mengaku sangat senang dengan kegiatan ini. Pihaknya mengatakan bahwa kegiatan belajar Iqro’ dan Al Qur’an ini sudah berjalan hampir dua tahun.

“Alhamdulillah sangat senang, tidak ada kesulitan. Hanya karena ibu-ibu di sini lansia, ya sedikit ada grogi,” ungkap Enggarwati. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.