Torehan Mir Lebih Mantap Dibandingkan Rossi-Marquez

MotoGP

 

HALO SPORT – Catatan Joan Mir saat menyabet gelar juara dunia MotoGP 2020 ternyata lebih mantap dibandingkan dua kampiun sebelumnya, Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Mir memastikan titel juara dunia MotoGP selepas finis ketujuh di Valencia, Minggu (15/11/2020). Dengan 171 poin, pembalap Suzuki Ecstar ini tak bisa dikejar lagi.

‘’Saya tidak tertawa, juga tak bisa menangis, emosi rasanya bercampur. Saya sangat senang,’’ ungkap Mir kepada Crash. ‘’Ketika kamu mengikuti mimpimu, dan akhirnya kamu meraihnya, saya tak percaya dengan apa yang terjadi,’’ imbuhnya.

Bagi pria 23 tahun berkebangsaan Spanyol itu, titel juara dunia MotoGP 2020 menghasilkan catatan spesial. Sebab, dia melakukannya saat baru lima tahun bersaing di kejuaraan dunia balap motor.

Mir baru turun ke kejuaraan dunia pada 2015. Ketika itu dia tampil di kelas Moto3 bersama tim Leopard Racing dengan status pembalap cadangan.

Baru pada 2016, Joan mendapat kesempatan penuh. Dia turun sebagai pembalap reguler, dan finis kelima pada akhir musim.

Setahun berselang, Mir menjadi juara dunia Moto3 bersama Leopard Racing. Hasil itu membawanya naik ke Moto2 pada 2018.

Pada 2019, Mir promosi ke MotoGP setelah direkrut Suzuki. Selepas finis ke-12 musim lalu, rider asal Mallorca itu bisa menjadi juara pada tahun ini.

Catatan lima musim langsung juara membuatnya melampaui Rossi dan Marquez. Pasalnya, dua ikon MotoGP itu baru bisa menyabet titel juara MotoGP pada musim keenamnya.

Marquez menjadi juara MotoGP saat memasuki musim keenam sejak debut penuh pada 2008. Rossi juara MotoGP pada 2002 selepas membuat debut tahun 1996.

Musim depan akan menjadi tantangan berat buat Mir. Marquez yang musim ini absen total bakal ikut bersaing di lintasan.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.