in

Tokopedia Dan HIPPINDO Gelar Vaksinasi Gratis untuk UMKM Semarang

Tokopedia bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Kemenkop dan UKM RI serta TNI berkolaborasi dengan Pemprov Jateng, KADIN Jateng, DPP dan DPD IKA UNDIP Jateng serta UNDIP untuk menghadirkan sentra vaksinasi khusus UMKM di Semarang.

 

HALO SEMARANG – Tokopedia bersama Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO), Kemenkop dan UKM RI serta TNI berkolaborasi dengan Pemprov Jateng, KADIN Jateng, DPP dan DPD IKA UNDIP Jateng serta UNDIP guna menghadirkan sentra vaksinasi khusus UMKM di Semarang. Kolaborasi ini untuk mendukung penanganan pandemi sekaligus pemulihan ekonomi.

Program vaksinasi ini diselenggarakan di Auditorium Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah. Vaksin dosis pertama akan berlangsung selama 28 Juli hingga 10 Agustus 2021, sementara dosis ke-dua selama 25 Agustus hingga 7 September 2021.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni menyampaikan, kolaborasi yang dilakukan bersama berbagai mitra strategis, mulai dari pihak pemerintah hingga mitra strategis lintas sektor lainnya, diharapkan dapat lebih melindungi masyarakat, termasuk UMKM Semarang dari pandemi Covid-19.

“Mengingat UMKM penyokong 60% PDB Indonesia sehingga dipercaya dapat mendorong pemulihan ekonomi,” katanya, Rabu (28/7/2021).

Program vaksinasi ini berlaku untuk penjual asal Semarang di Tokopedia yang telah mendaftarkan diri melalui aplikasi Tokopedia. Pendaftar hanya perlu mengisi informasi sesuai KTP dan nama toko.

Ketua Umum HIPPINDO, Budihardjo Iduansjah, mengutarakan, dirinya berharap bisa melakukan vaksinasi bagi lebih banyak masyarakat.

“Terdiri dari UMKM, tenaga kerja industri, karyawan serta masyarakat umum di Jawa Tengah setiap harinya. Percepatan vaksinasi Covid-19 bersama Tokopedia dan mitra strategis lainnya adalah kunci dalam menghadapi pandemi ini,” katanya.

Program ini mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

“Kehadiran sentra vaksinasi hasil kolaborasi antara Pemprov Jateng dan para mitra strategis bisa membantu merealisasikan target herd immunity sampai 70 persen di akhir tahun ini. Upaya ini juga untuk mempercepat program vaksinasi nasional bagi masyarakat luas, termasuk UMKM Semarang, demi sekaligus mendorong pemulihan ekonomi nasional,” katanya.

Senada dengan Ganjar, Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, menyatakan, tindakan preventif, termasuk penerapan protokol kesehatan dan percepatan vaksinasi saat ini terus menjadi fokus Pemerintah Kota Semarang dalam upaya menangani pandemi Covid-19.

“Untuk itu, kami sangat mengapresiasi langkah serta dukungan berbagai pihak, termasuk Tokopedia dan HIPPINDO yang menyediakan fasilitas layanan sentra vaksinasi guna membantu UMKM Semarang supaya tetap produktif selama pandemi,” papar Ita, sapaan akrab Hevearita G Rahayu.

Sebelumnya, Tokopedia bersama HIPPINDO telah meluncurkan program vaksinasi gratis khusus UMKM di DKI Jakarta. Rencananya program vaksinasi ini juga akan digelar di beberapa kota besar di Indonesia.

Selain mendukung program vaksinasi, Tokopedia juga telah melakukan berbagai upaya demi membantu penanganan pandemi Covid-19.

Contohnya, Tokopedia telah menetapkan kebijakan pengendalian harga obat dan kebutuhan terkait penanganan Covid-19. Ini juga sejalan dengan keputusan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tentang harga eceran tertinggi (HET) 11 obat yang banyak digunakan selama pandemi.

Tokopedia juga telah bekerja sama dengan Forum Wartawan Teknologi (Forwat) dan BenihBaik.com untuk menyalurkan donasi pengguna kepada jurnalis dan para pekerja di sektor informal yang terdampak Covid-19.(HS)

Share This

Bank Jateng Bagikan Bantuan Sosial 25.000 Paket Sembako

Kecelakaan Maut Di Tugu, Satu Pengendara Motor Meninggal Dunia