in

Toko Konsep Merci Beyond Bali, Suasana Indonesia di Tengah Kota Paris

Produk-produk kerajinan asal Indonesia, hingga 22 Agustus 2021 mendatang akan mengisi rak-rak toko konsep Merci: Beyond Bali, di Paris, Perancis. (Foto : Kemlu.go.id)

 

HALO SEMARANG – Produk-produk kerajinan asal Indonesia, hingga 22 Agustus 2021 mendatang akan mengisi rak-rak toko konsep Merci: Beyond Bali, di Paris, Perancis, yang baru diresmikan Jumat (23/07) lalu.

Selain mempromosikan produk-produk Indonesia, Merci Beyond Bali juga akan menghadirkan suasana mengunjungi Indonesia. Merci Beyond Bali, akan digelar sejak 21 Juli hingga 22 Agustus 2021.

“Merci Beyond Bali hadir mengobati rindu masyarakat Prancis, yang tidak dapat berlibur menikmati keindahan budaya Indonesia dan hijaunya pemandangan di zamrud khatulistiwa, akibat pandemi Covid-19,” kata Duta Besar RI di Paris, Arrmanatha Nasir, seperti dirilis laman Kementerian Luar Negeri, Senin (26/7).

Promosi Merci Beyond Bali, tahun ini diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT Ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lobi utama toko Merci, ditranformasi secara istimewa dalam dekor saung-saung, di tengah pepohonan hijau dan sawah yang berundak-undak, seperti di Bali. Masing-masing saung menampilkan berbagai kekayaan kreativitas Indonesia yang disuguhkan oleh sekitar 28 merk dari Indonesia.

Mulai dari produk fashion, busana, aksesoris dan pernak pernik, tas dan dompet, sampai dengan perabotan dan peralatan makan, semua bertuliskan “Made in Indonesia”.

Produk-produk ini merupakan hasil kurasi toko Merci sendiri, didatangkan dan dibeli Merci langsung dari Indonesia. Sejumlah barang pun sudah laku terjual pada hari pertama promosi.

“CEO Merci menyampaikan kepada saya bahwa Merci akan melakukan repeat order untuk beberapa produk karena sudah sold out,” tutur Dubes RI.

Acara pembukaan Merci Beyond Bali yang dihadiri mitra KBRI Paris dari kalangan pengusaha, desainer, budayawan, media Prancis dan Indonesia serta kalangan Pemerintah dan Parlemen Prancis.

Acara dimeriahkan dengan penampilan Tari Puspanjali dari Bali dan Tari Burung Enggang dari Kalimantan Timur, serta dilengkapi sajian kuliner khas Indonesia, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Sebelum memasuki toko, para tamu harus menunjukkan bukti vaksinasi lengkap (Health Pass) sesuai dengan kebijakan Pemerintah Prancis.

Kolaborasi dengan toko, desainer, restoran, atau fashion house yang mengerti pasar dan consumer base di Prancis menjadi strategi utama KBRI Prancis dalam mempromosikan produk kreatif Indonesia.

Dalam satu tahun terakhir KBRI Paris telah berkolaborasi antara lain dengan Merci, Christian Dior, My Little Warung, dan Ithemba untuk mempromosikan berbagai produk Indonesia.

Mekanisme kerja sama memberikan keleluasaan bagi partner di Prancis untuk melakukan kurasi dan secara langsung membeli dan mengurus semua proses impor dari Indonesia. (HS-08)

Share This

Berencana Beri Subsidi Upah, Kemenaker Diminta Perbaiki Akurasi Data Penerima

Arab Saudi Pulangkan 200 Warganya dari Indonesia