in

TNI AU Bagi Ratusan Paket Sembako di Ambarawa

Penyerahan bantuan dari TNI AU di kompleks Museum Palagan Ambarawa, Minggu (1/8). (Foto : Semarangkab.go.id)

 

HALO SEMARANG – TNI Angkatan Udara (AU) membagikan 450 paket sembako, kepada para tenaga kesehatan, sukarelawan warga terdampak Covid-19, di Ambarawa.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Danjen Akademi TNI Marsdya Andyawan Martono Putra, sebagai perwakilan TNI AU, kepada perwakilan penerima di kompleks Museum Palagan Ambarawa, Minggu (1/8).

Menurut Andyawan, kegiatan bhakti sosial ini merupakan rangkaian acara peringatan Hari Bhakti TNI Ke-74 AU. Ambarawa dipilih sebagai salah satu lokasi bakti sosial, karena memiliki ikatan dengan sejarah perjuangan TNI AU.

Dalam masa perang mempertahankan kemerdekaan, pada 29 Juli 1947, TNI AU melaksanakan operasi militer udara pertama, dengan mengebom markas-markas Belanda di Ambarawa dan Salatiga.

Pengeboman dilakukan oleh para kadet penerbang perintis TNI AU, dari Maguwo Yogyakarta. Momen itulah yang kemudian menjadi penentuan Hari Bhakti TNI AU 29 Juli 1947.

“Para peringatan kali ini, TNI memberikan perhatian kepada warga sekitar terdampak pandemi Covid-19. Sehingga terjalin hubungan emosional dengan warga Ambarawa,” kata dia seperti dirilis Semarangkab.go.id.

Bupati H Ngesti Nugraha, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas dukungan dan perhatian TNI AU, dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Semarang.

Bantuan akan dibagikan kepada tenaga kesehatan di beberapa rumah sakit dan sukarelawan serta pihak yang terlibat dalam penanganan pandemi Covid-19.

“Bantuan ini menjadi bentuk kerja sama semua pihak, untuk mengatasi dampak pandemi Covid-19,” kata dia.

Pelaksanaan bakti sosial TNI AU di Ambarawa kali ini melibatkan komunitas Pesona Bhakti Ambarawa (PBA), yang dipimpin oleh Kolonel Edi Wuryanto.

Perwira yang menjabat Paban Binkar Mabes TNI AU ini, menjelaskan kepedulian kepada warga, diwujudkan dengan melaksanakan pembagian paket sembako. Lokasi yang dipilih terkait dengan sejarah perjuangan TNI AU yakni di wilyah Ambarawa, Salatiga, Magelang dan Yogyakarta.

“Total ada dua ribu paket sembako di sini (Jateng) seribu paket dan di Yogyakarta seribu paket,” katanya. (HS-08)

Share This

Kampung Hijrah Bagikan Makanan Gratis pada Warga Isoman

Pelaku Wisata di Bukit Cinta Terima Bantuan Sembako