TMMD Sengkuyung I, Selesaikan Pembangunan Jembatan Dan Peningkatan Jalan

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi SH M Si, dalam penutupan TMMD Sengkuyung I Tahun Anggaran 2021, di Desa Kebonrowopucang, Kecamatan Karangdadap. (Foto : Pekalongankab.go.id)

 

HALO PEKALONGAN – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung I di Kabupaten Pekalongan, yang dilaksanakan selama 30 hari, telah berhasil membangun ratusan meter jalan desa Kebonrowopucang dan Pagumenganmas. Hasil TMMD tersebut hendaknya dirawat oleh masyarakat, agar manfaatnya dapat dinikmati dalam waktu lama.

Ajakan untuk merawat hasil TMMD itu, disampaikan Bupati Pekalongan Asip Kholbihi SH M Si, dalam penutupan TMMD Sengkuyung I Tahun Anggaran 2021, di Desa Kebonrowopucang, Kecamatan Karangdadap.

Penutupan dilakukan oleh Dandim 0710/Pekalongan LetkolCzi Hamonangan Lumban Toruan SH SIP, Rabu (31/03), ditandai dengan penyerahan hasil pembangunan, kepada Bupati Pekalongan Asip Kholbihi SH MSi.

Penyerahan hasil kegiatan TMMD Sengkuyung I juga disaksikan ketua DPRD, unsur forkopimda, forkopimcamKarangdadap, Pj sekda beserta jajaran, para kepala OPD terkait serta para tokoh masyarakat.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi SH M Si menyampaikan apresiasi kepada seluruh keluarga besar Kodim 0710/Pekalongan, serta seluruh masyarakat yang telah melaksanakan program TMMD Sengkuyung I.

Dia menerangkan TMMD merupakan program yang sudah dirintis sejak lama, yang sangat bermanfaat, terutama untuk mengakselerasi pembangunan di desa dan meningkatkan fungsi sosial dalam masyarakat, karena itu hal yang sangat penting dalam rangka membantu tugas-tugas pemerintah.

“TMMD di Kabupaten Pekalongan, alhamdulilah selama ini berjalan sangat baik, dan paling penting adalah terjadi proses partisipasi masyarakat yang cukup mendukung. Ini yang perlu kita pertahankan. Soliditas TNI dan masyarakat menjadi barometer tersendiri dari keberhasilan TMMD di samping capaian-capaian secara fisik,” kata dia seperti dirilis Pekalongankab.go.id.

Dikatakan, TMMD Sengkuyung I selama 30 hari telah berhasil membangun jalan desa Kebonrowopucang dan Pagumenganmas sepanjang panjang 790 meter lebar 3 meter. Pembangunan jembatan dengan panjang 2 meter dan lebar 4 meter. Kemudian pembuatan bronjong sepanjang 25 meter dan tinggi 2,5 meter , serta gorong-gorong.

“Ini tentu sangat bemanfaat untuk aksebilitas masyarakat baik menunjang kegiatan ekonomi, ibadah,sekolah dan kegiatan sociallainnya,”paparnya.

Oleh karena itu, Bupati menyampaikan juga bahwa TMMD akan terus dikembangkan dan menjangkau seluruh wilayah di kabupaten Pekalongan.

Selanjutnya Bupati berpesan kepada warga desa Kebonrowopucang dan Pagumenganmas, agar jembatan yang dibangun dengan pola TMMD yang merupakan hasil kerjasama TNI, pemerintah dan masyarakat dibantu Polri tersebut dirawat dan digunakan dengan sebaik-baiknya.

Sementara itu Dandim 0710/Pekalongan LetkolCzi Hamonangan Lumban Toruan SH SIP menyampaikan pihaknya telah melaksanaan sasaran pekerjaan pembangunan jembatan dan peningkatan jalan.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemkab, yang sudah menfasilitasi pelaksanaan kegiatan TMMD Sengkuyung I tersebut dan ke depan pihaknya akan mencari sasaran yang benar-benar sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Pesan saya kepada masyarakat setelah selesai TMMD Sengkuyung I ini, semoga dapat bermanfaat untuk membantu jalur perekonomian masyarakat. Dan ke depan masyarakat juag dapat memelihara hasil pekerjaan yang telah selesai kita kerjakan, baik pembangunan jembatan maupun peningkatan jalan sepanjang 790 meter, “jelas Dandim

Ditambahkan pula pada saat pelaksanaan TMMD Sengkuyung I tidak ada kendala yang cukup berarti, karena sudah dilakukan perencanaan dan survey secara matang. Demikian pula target sesuai waktu yang ditetapkan. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.