in

TMMD Reguler di Batang, Sejumlah Proyek Fisik Bakal Dibangun

Pembukaan TMMD Reguler Ke-112 tahun 2021, di aula Bupati Batang. (Foto : Batangkab.go.id)

 

HALO BATANG – Sejumlah kegiatan fisik dan nonfisik, akan dilaksanakan dalam Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-112 tahun 2021 Kodim 0736 Batang di wilayahnya, 15 September hingga 14 Oktober 2021.

Hal itu disampaikan Komandan Kodim 0736 Batang Letkol Arh Yan Eka Putra, dalam pembukaan TMMD Reguler Ke-112 tahun 2021, di aula Bupati Batang, Rabu (25/9).

Untuk kegiatan fisik, adalah berupa pembangunan jalan rabat beton sepanjang 1.003 meter, lebar 3 meter, dan tebal 0,15 m. Juga pembangunan talud tebing sepanjang  397 m, lebar 30 Cm, dengan ketinggian 3,3 m.

Pemasangan pelat dekker di 5 lokasi, masing-masing sepanjang 5 m lebar 1 m juga menjadi salah satu sasaran pembangunan. Selain itu adalah sasaran tambahan, yakni berupa rehabilitasi tujuh unit Rumah Tak Lyak Huni (RTLH) unit dan rehabilitasi pos kamling 1 unit.

“Untuk sasaran non-fisik, berupa penyuluhan bela negara, penyuluhan Kamtibmas, penyuluhan/sosialisasi stunting, penyuluhan posyandu dan posbindu PKM; penyuluhan Covid-19 dan vaksinasi;  penyuluhan pendidikan wajar Dikdas 9 tahun; penyuluhan UU Perkawinan; penyuluhan budi daya kentang; penyuluhan bahaya narkoba; penyuluhan budi daya lele; penyuluhan penanggulangan bencana alam,  penyuluhan dan pelayanan KB,” ujar dia.

Dalam pembukaan itu, Letkol Arh Yan Eka Putra, juga menyampaikan selamat datang kepada para personel dari Batalyon 407/Padma kusuma, personel dari Kompi Zipur 4 Tegal, dan personel dari Lanal Tegal. Ketiganya akan begabung dengan satgas TMMD Reguler ke-112 Kodim 0736/Batang.

“Pesan dari pimpinan, selama melaksanakan kegiatan diharapkan untuk menjaga nama baik TNI. Di sana merupakan masyarakat pegunungan, yang selama ini sudah baik terjalin hubungannya dengan Kodim Batang, agar selalu tetap di jaga,” tegasnya.

Daerah sasaran lokasi TMMD, juga merupakan zona hijau Covid-19. Untuk itu, sebelum bergabung Satgas TMMD Reguler ke-112, semua personel harus menjalani tes Swab Antigen, dengan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sementara itu ketika membuka TMMD Reguler ke-112, Rabu (25/9/), Bupati Batang Wihaji mengatakan kegiatan ini merupakan sinergi semua pihak, khususnya TNI dengan masyarakat, yang didukung Pemkab Batang, untuk mempercepat pembangunan di Desa Gerlang.

“Tujuan diselenggarakan TMMD Reguler adalah untuk membantu daerah dalam rangka meningkatkan akselerasi pembangunan supaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, memantapkan wawasan kebangsaan, membangun persatuan dan kesatuan dalam menjaga keutuhan negara kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.

TMMD juga merupakan jati diri sebagai tentara yang membantu kepentingan rakyat, dalam keikutsertaan memajukan pelaksanaan pembangunan guna meningkatkan potensi Desa Gerlang sendiri.

“TMMD Reguler ke-112 memilih Desa Gerlang, akan ada program  pembangunan akses jalan penghubung sangat penting bagi masyarakat setempat. Mengingat dampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar, karena jalan ini sebagai jalur utama yang digunakan untuk mengangkut hasil pertanian jenis sayuran warga sekitar,” kata dia. (HS-08)

Share This

Wakil Rektor USM Dikukuhkan Jadi Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Kota Semarang

Kelurahan Tegalsari Jadi Sasaran Kegiatan TMMD Sengkuyung di Kota Tegal