Tips Tetap Bugar Selama Berpuasa Ala Wakil Ketua DPRD Kota Semarang

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Muhammad Afif.

 

HALO SEMARANG – Selama menjalankan ibadah puasa Ramadan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tubuh tetap sehat dan fit saat beraktivitas rutin seperti biasanya.

Berikut tips-tips sehat selama menjalankan ibadah puasa menurut Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang, Muhammad Afif.

Menurutnya, untuk tubuh tetap sehat dan fit sebaiknya orang yang berpuasa bisa menjaga pola makan dan minum. Artinya, makan dan minum tidak yang berlebihan saat sahur maupun berbuka. Sebab, biasanya sesuatu yang berlebihan banyak akan tidak baik.

“Karena saat mau berbuka selera makan kita besar, kalau tidak bisa mengendalikan diri, tentunya akan mendatangkan penyakit. Tidak hanya menurut Islam, tapi dari sisi medis, makan dan minum secara berlebihan juga tidak baik,” kata Afif, Jumat (23/4/2021).

Lalu, kata Afif, meski dalam kondisi berpuasa, bagi orang yang sering berolahraga, tentunya kegiatan olahraga ini harus tetap dilaksanakan secara rutin, meski dengan volumenya yang dikurangi.

“Memang meski berpuasa itu dianjurkan untuk tetap olahraga agar tubuh selalu fit dan bugar,” imbuhnya.

Selain olahraga, lanjut Afif, tak kalah penting, bisa mengatur waktu dengan baik. Dirinya mengimbau, tidak melakukan aktivitas begadang saat menjalankan ibadah puasa.

“Bisa mengatur waktu, ada waktu istirahat, bekerja dan untuk ibadah sunah lainnya. Sehingga harus seimbang, ada waktu istirahatnya dan ada waktu untuk bekerja, sehingga tenaga tidak terkuras,” terangnya.

Sebaliknya, kata dia, kalau kebanyakan waktu istirahatnya atau tidurnya juga tidak baik.

“Karena ada anggapan di masyarakat tidurnya orang berpuasa adalah ibadah. Tapi kalau tidur berlebihan ya tidak baik, dan artinya itu kita belum bisa mengatur waktu dengan baik,” katanya.

Kemudian, saat berpuasa sebaiknya menjalankan sunah makan sahur, karena banyak manfaatnya.

“Dalam Hadist Nabi disebutkan “kamu makanlah sahur karena di dalam makan sahur itu ada keberkahan. Maksudnya berkah di sini, bisa memberikan banyak manfaat kepada kita, yaitu membuat tubuh fisik kuat, tidak loyo untuk bisa tetap menjalankan aktivitas rutin seperti biasanya,” pungkasnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.