Halo Semarang
Take a fresh look at your lifestyle.

Tips Pilih Kepiting Segar, Bagi Penggemar Menu Sea Food

Salah-satu menu masakan kepiting dari bahan dasar kepiting segar, disajikan untuk penggemar makanan sea food di Bloomy resto lantai 8, Hotel MG Setos Semarang.

 

MENYANTAP makanan terutama kuliner jenis sea food tidak salahnya jika mengetahui bagaimana cara memilih bahan dasar untuk diolah sehingga menjadi menu masakan yang lezat.

Berbagai macam bahan dasar sea food seperti ikan laut, kepiting, kerang, serimping dan lainnya, sebaiknya menggunakan bahan dasar yang masih segar, dan langsung dibeli dari nelayan atau pasar ikan dan diolah pada hari itu juga.

Sehingga saat disajikan untuk disantap lebih sedap. Untuk itu, ada tips-tips yang dibagikan kepada para penggemar makanan ini, langsung dari ahli juru masak di Hotel MG Setos Semarang, Chef Halim. Dikatakannya, bila ingin memilih bahan dasar makanan sea food yang berkualitas khususnya kepiting, dapat memilih kepiting yang masih hidup.

Jikapun harus memilih kepiting awetan, pilih umur penyimpana dalam freezer yang tidak lebih dari dua hari. Karena setelahnya kualitasnya sudah tidak lagi baik.

“Memang penggemar sea food yang memesan, biasanya memilih yang cenderung lebih suka pedas, dan yang paling dicari, adalah kepiting dimasak jenis Singapur Chili. Selain itu, jenis kepiting Black Paper juga banyak dicari,” katanya, Jumat (30/8/2019).

Untuk memilih kepiting pun, kalau bisa cari yang bertelur atau yang gemuk dan berdaging. Perhatikan sisi bawah kepiting, terutama permukaan flap perut bentuk segitiga dengan warna terang. Kepiting jantan mempunyai perut menyempit ​runcing. ​​S​edangkan​ kepiting​ betina ukurannya lebar dan bulat.

Tekan bagian tengah flap dengan jari untuk menguji kekukuhannya. Kepiting berdaging memiliki perut yang kukuh, menonjol dan ada semburat kuning. Perut lembek seringkali dengan sedikit warna biru menandakan kepiting kehilangan dagingnya.​ Kepiting berdaging umumnya lebih berat jika diangkat.

Tanda-tanda lain dari kepiting yang sudah sepenuhnya tumbuh adalah capit dipakai dengan baik. Periksa capit kanan yang digunakannya untuk menghancurkan mangsa, apakah bergigi tumpul atau pipih.

Abaikan kecenderungan memilih kepiting terang mengkilap. Cari kepiting dengan cangkang lebih kusam atau bahkan bergores. Cangkang yang terpakai menunjukkan kepiting siap ganti kulit dan berdaging.

“Kepiting segar tidak memiliki bau. Hindari kepiting yang berbau amonia,” katanya.

Sementara itu, Manager Restoran Hotel MG Setos, Baskoro mengatakan, bahwa untuk menu kepiting super disajikan secara berlevel. Pembeli dapat request sesuai selera dan kekuatan lidahnya terhadap tingkat kepedasan.

Untuk periode Agustus-September 2019, pihaknya menggelar Festival Crab, dan memberikan harga spesial. Yaitu lebih rendah dibanding resto-resto penyedia menu kepiting lainnya.

“Jujur saja orientasi kami tidak profit untuk peride promo. Kami tidak berani menyediakan menu kepiting setiap hari. Hanya ada di hari Jumat dan Sabtu. Alasannya karena itu tadi, kepiting tidak tahan lama,” imbuhnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang