in

Tips Menghadiri Undangan Pernikahan saat Pandemi Covid-19, Protokol Kesehatan hingga Namaste

Sumber : Tribratanews.polri.go.id

 

HALO SEMARANG – Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari setahun ini, tidak hanya memberikan dampak pada berbagai bidang kehidupan, tetapi juga membuat banyak rencana penyelenggaraan acara-acara besar, terpaksa harus batal atau ditunda, termasuk pesta pernikahan.

Tidak sedikit pasangan pengantin yang menunda sampai waktu yang tidak ditentukan, tapi ada juga sebagian pasangan yang memutuskan untuk tetap melanjutkan pernikahan dengan membuat pesta kecil sebagai gantinya.

“Entah itu kerabat atau teman baik yang menikah, bila anda  merasa tidak nyaman untuk menghadiri pesta pernikahan di masa seperti sekarang ini, anda berhak untuk menolak datang. Namun jika anda memutuskan untuk hadir, berikut ini tips aman menghadiri pesta pernikahan agar kesehatan dan keselamatan anda dan orang lain tetap terjaga,” demikian seperti dirilis Tribratanews.polri.go.id.

  1. Pastikan ada protokol kesehatan yang diterapkan oleh penyelenggara

Ketika akan menghadiri acara pernikahan, pastikan penyelenggaraannya sudah sesuai protokol kesehatan. Jika tidak mematuhi protokol kesehatan, maka kita berhak untuk tidak menghadiri acara tersebut.

  1. Jika sakit atau tidak enak badan tunda atau batalkan kehadiran

Pastikan kondisi badan tetap fit untuk menghidari pesta pernikahan. Jika tidak enak badan, maka lebih baik tidak bepergian keluar rumah untuk menghindari penularan Covid-19

  1. Selalu memakai masker mulai dari keluar rumah hingga kembali ke rumah

Mengenakan masker adalah cara paling efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19. Dengan demikian kita bisa hadir ke pesta pernikahan, dengan aman dan nyaman.

Jika berada di luar ruangan, maka tetap patuhi protokol kesehatan dan kenakan masker, terutama ketika berdekatan dengan orang lain. Tetap kenakan masker, termasuk saat berfoto bersama pengantin dan kerabat yang datang ke resepsi.

  1. Hindari mengobrol dengan orang lain saat makan

Ketika menghadiri pesta pernikahan padamasa pandemi Covid-19, ada baiknya mengurangi bersosialisasi dengan orang lain sebelum acara tersebut. Lewatkan hang out bersama teman-teman di restoran, berbelanja di mall, kencan di café, kecuali benar-benar penting. Dengan begitu, kita bisa mengurangi risiko tertular virus dan menyebarkannya di pesta pernikahan yang akan kita hadiri.

  1. Jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain

Virus Corona sangat mudah menular, sehingga penting untuk menjaga jarak dengan orang lain. Lebih baik tidak memberi pelukan ucapan selamat kepada sahabat terdekat yang sedang menikah. Tetapi inilah salah satu cara untuk menjaga keselamatan semua orang. Tamu undangan yang baik, adalah tetap menjaga kenyamanan pasangan pengantin, dengan tidak berdiri terlalu dekat dengan mereka.

  1. Selalu mencuci tangan berkala menggunakan sabun

Beberapa pakar kesehatan percaya bahwa virus Corona bisa menempel di berbagai benda dan menular dengan melakukan kontak dengan benda yang sudah terkontaminasi tersebut. Karena itu penting untuk mencuci tangan sesering mungkin, menggunakan sabun, dan air mengalir. Dianjurkan pula untuk selalu membawa hand sanitizer berbahan dasar alkohol, sehingga bisa membersihkan tangan kamu sesering mungkin selama perayaan.

  1. Utamakan salam “Namaste” dan batasi waktu ketika di lokasi

Kita tidak perlu bersalaman dengan pengantin atau keluarga, dan cukup menggantinya dengan salam “namaste”. Gerakan namaste dikenal dalam yoga. Biasanya, orang yang selesai latihan yoga, akan mengucapkan namaste diikuti dengan membungkuk dan mengatupkan kedua tangan di dada.

Sebaiknya berikan salam namaste dari jarak yang cukup jauh, agar teman atau kerabat sudah mengetahui kamu akan memberikan salam namaste. (HS-08)

Share This

Pasar Bintoro Ditutup, Aktifitas Jual-Beli Berhenti Satu Hari

Bareskrim Polri Bidik 3.000 Aplikasi Pinjaman Online Ilegal