in

Tips Agar Tidak Lemas Saat Puasa Ala Ketua PPJI Kota Semarang

Ketua Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) Kota Semarang, Yanti M Sakoer.

AGAR saat berpuasa selama bulan Ramadan ini kondisi tubuh bisa tetap fit dan tidak lemas, penting untuk mengatur pola makan dan pola hidup yang sehat. Sebab, saat sedang berpuasa asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh tidak ada sama sekali sampai waktu yang ditentukan. Berikut beberapa tips yang dibagikan agar tubuh tetap fit dan tidak lesu saat berpuasa ala Ketua Perkumpulan Penyelenggara Jasaboga Indonesia (PPJI) Kota Semarang, Yanti M Sakoer.

1. Menjaga Asupan Gizi saat Sahur dan Buka Puasa.

Penting untuk mengatur pola makan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, seimbang, dan bergizi. Di dalamnya, terdapat gizi lengkap seperti protein hewani, protein nabati, buah-buahan, sayuran dan cukup karbohidrat, dan kalori.

Karena makanan-makanan tersebut sesuai kebutuhan asupan protein dan vitamin harian dalam tubuh dan menambah energi sepanjang hari.

“Terutama pada anak-anak usia sekolah masih tumbuh kembang, agar tubuh tidak lemas dan dengan beragam aktivitas di sekolahnya. Sehingga setidaknya kebutuhan setiap hari untuk anak perempuan yaitu membutuhkan 2.050 kalori dan pria lebih banyak dengan kebutuhan sebanyak 2.400 kalori,” jelas Yanti M Sakoer, baru-baru ini.

2. Membatasi Makanan Berminyak

Selain menjaga asupan makanan bergizi di atas, pilihlah makanan yang sehat untuk berbuka dan sahur agar tetap bugar selama puasa. Tak dipungkiri bahwa rasa lapar dan haus sepanjang hari membuat seseorang menginginkan makanan yang manis, pedas, atau berminyak tanpa mempertimbangkan kesehatannya. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman sehat dengan kadar gula terkontrol saat berbuka membantu tubuh tetap fit. Sehingga perlu menghindari beberapa jenis makanan dan minuman, seperti gorengan, soda, dan minuman manis berpengawet. Bisa juga dengan membiasakan makanan yang dikukus atau dipanggang.

3. Rutin Olahraga Ringan

Selain menjaga pola makan dan minum, agar tubuh tetap bugar selama berpuasa, dianjurkan juga untuk tetap melakukan aktivitas fisik atau olahraga ringan. Seperti berjalan kaki selama 20 hingga 30 menit sehari. Atau sebelum berangkat kerja melakukan gerakan ringan, cukup dengan durasi waktu 10-15 menit. Dengan olahraga secara teratur bisa membantu meningkatkan imun tubuh dan membuat tubuh bugar.(HS)

Lebih Yakin Menang jika Berlaga dalam Lima Ronde

Kakorlantas Polri Sebut Penyeberangan Titik Krusial Dalam Mudik dan Balik Lebaran