Tinjau Sungai Jakinah, Wabup Rekomendasikan  Normalisasi dan Perhatikan Masyarakat Sekitar

Wakil Bupati Rembang Mochammad Hanies Cholil Barro’ meninjau unit produksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Banyumili di Sungai Jakinah, di Desa Gading, Kecamatan Sale dan lokasi mata air di Sumber Semen. (Foto : Rembangkab.go.id)

 

HALO REMBANG – Pemkab Rembang akan meminta izin kepada BBWS Bengawan Solo, agar dapat mengeruk sungai Sungai Jakinah,  di Desa Gading, Kecamatan Sale. Pengerukan perlu dilakukan untuk meningkatkan pasokan air baku unit produksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Banyumili.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Rembang Mochammad Hanies Cholil Barro’ meninjau unit produksi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Banyumili di Sungai Jakinah,  di Desa Gading, Kecamatan Sale dan lokasi mata air di Sumber Semen, Rabu (3/3).

Wakil Bupati Rembang mengatakan air sungai Jakinah selama ini dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan air baku bagi Perumda Tirta Banyumili. Adapun hasil produksi dari perusahaan itu, digunakan untuk memenuhi kebutuhan sekitar 9 ribu pelanggan rumah tangga, di Kecamatan Pancur, Lasem dan Kecamatan Rembang.

Air sungai itu juga dimanfaatkan untuk pengairan sawah di daeah tersebut.

Selama ini debit air yang kecil, menyebabkan produksi Perumda air minum tersebut sering terganggu. Air yang dihasilkan juga sering keruh. Karena itu sungai Jakinah perlu dinormalisasi agar pasokan air baku menjadi lebih baik.

“Nanti minta izin dulu untuk normalisasi, karena bukan kewenangan kami untuk sungai ini (Sungai Jakinah-red). Setelah izin keluar, baru normalisasi. Insya Allah itu tadi problem soal keruh, kemungkinan juga dari pendangkalan sungai, itu mungkin bisa diatasi,” kata dia seperti dirilis Rembangkab.go.id.

Lebih lanjut, Gus Hanies juga meminta Perumda Air Minum Tirta Banyumili memperhatikan warga sekitar Jakinah yakni warga Desa Gading. Perusahaan bisa melakukan komunikasi dengan warga apa yang menjadi keinginan mereka.

“Karena kita memanfaatkan wilayah mereka (warga Gading-red) juga, ” imbuhnya.

Direktur Perumda Tirta Banyumili, Muhammad Affan menuturkan siap menindaklanjuti rekomendasi dari Wabup. Mulai ijin ke BBWS Bengawan Solo sampai dengan melaksanakan fungsi sosial dengan sasaran masyarakat sekitar sumber air.

“Ada dua tadi rekomendasi untuk mengurus izin, normalisasi hulu sungai dan memperhatikan aspirasi masyarakat yang terdekat dengan sumber air. InsyaAllah akan kami laksanakan (rekomendasi Wabup-red), arena memang selaku BUMD air minum, kami juga mendapatkan tugas fungsi sosial, ” ujarnya. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.