Tinjau SMK, Gibran Minta Industri Bantu Serap Lulusan SMK

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, berkunjung ke SMK 2 Surakarta. (Foto : Surakarta.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka meminta banyak pihak untuk ikut menyelesaikan masalah pengangguran lulusan SMK, termasuk dengan meningkatkan kualitas pendidikan dan penyerapan lulusan oleh industri.

Hal itu diungkapkan Gibran, saat berkunjung ke SMK 2 Surakarta, Selasa (23/3). Dalam kunjungannya Wali Kota mempertemukan para kepala SMK swasta dan negeri, dengan perwakilan industri dari PT Sinar Mas, Astra, dan Bakrie Group.

Lebih lanjut dia menyampaikan, bahwa saat ini salah satu masalah yang perlu diselesaikan bersama adalah pengangguran lulusan SMK. Untuk menyelesaikan masalah tersebut, diperlukan upaya-upaya, antara lain meningkatkan kualitas lulusan SMK.

Selain dengan meningkatkan kualitas guru, upaya lain yang dia wacanakan adalah menghadirkan trainer dari industri, untuk terjun langsung ikut mendidik siswa.

“Saya minta apa yang dipelajari siswa-siswa, harus relevan dan dapat diserap industri. Kalau boleh, di SMK nanti ada trainer langsung dari industri, seperti Astra atau Bakrie. Karena secara teknis yang paling mengerti adalah industri sendiri,” kata dia, seperti dirilis Surakarta.go.id.

Selain itu dia juga meminta perwakilan dari industri, untuk membantu lulusan SMK agar dapat memperoleh pekerjaan.

Usai audiensi, Gibran bersama jajaran Dinas Pendidikan Wilayah 7 Provinsi Jawa Tengah meninjau laboratorium dan bengkel mobil Esemka yang ada di SMK 2. Selanjutnya Gibran beserta jajaran menyempatkan diri untuk melihat SMK 5 dan SMK 6 yang rencananya akan direnovasi guna meningkatkan fasilitas pendidikan SMK. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.