Halo Semarang
Take a fresh look at your lifestyle.

Tingkatkan Skill dan Wawasan, 100 Mahasiswa Udinus Ikuti Latihan Dasar Kepemimpinan

 

Para peserta mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Refresment Kepemimpinan (RK) Udinus di Umbul Songo, Kopeng.

 

HALO SEMARANG – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) melatih mahasiswanya dengan kegiatan yang Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Refresment Kepemimpinan (RK). Kegiatan tahunan tersebut diikuti oleh seluruh ketua Organisasi Mahasiswa (Ormawa), mahasiswa Bidikmisi, Beasiswa Unggulan, dan Beasiswa Kompas pada 27-29 September di Umbul Songo, Kopeng.

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari dua malam ini merupakan kegiatan yang sudah berlangsung rutin selama tujuh tahun.
Kegiatan yang mengusung tema “Menumbuhkan Mental Berintegrasi, Cerdas dan Berkarakter” tersebut diikuti sekitar 100 peserta. Kegiatan pada hari pertama yaitu tracking selama kurang lebih tiga jam menyusuri hutan Umbul Songo, Kopeng.

“Selama tracking akan ada beberapa pos yang harus dihampiri untuk melakukan game yang berhubungan dengan Pancasila dan pengetahuan seputar almamater Udinus,” kata Rindra Yusianto, S.Kom, MT selaku Kepala Biro Kemahasiswaan Udinus, Senin (30/9/2019).
Diharapkan para pemimpin Ormawa di Udinus dapat mempengaruhi setiap mahasiswa menjadi lebih baik lagi.

“Kegiatan ini sudah dilakukan tiap tahun dan bertujuan agar para pemimpin dan juga mahasiswa unggulan diberikan materi, bagaimana menjadi pemimpin yang berintegritas, cerdas, dan berkaratker. Supaya dari ratusan peserta yang ada di sini dapat mempengaruhi seluruh mahasiswa Udinus untuk menjadi karakter yang berkualitas. Karena setiap pemimpin harus bisa mengubah pemikiran orang menjadi lebih maju dan lebih baik lagi,” ujarnya.

Sedangkan pada hari kedua, seluruh peserta dan panitia melakukan senam bersama di pagi hari. Dilanjutkan dengan tracking dengan banyak permainan yang melatih kerja sama peserta RK. Kegiatan tersebut juga merupakan upaya untuk melatih softskill dan juga wawasan para mahasiswa.

“Agar nantinya dapat memecahkan masalah secara musyawarah. Daripada mahasiswa demo dan turun ke jalan, kami latih agar meningkatkan softskill dan wawasan. Jadi nantinya mahasiswa dapat mengungkapkan kritik dan saran melalui media sudah disediakan,” ungkap Rindra.

Seluruh panitia RK merupakan mantan pemimpin Ormawa yang sudah purna tugas. Hal tersebut menjadi salah satu upaya, agar pemimpin sebelumnya dapat meneruskan ilmu yang sudah mereka dapat selama memimpin ormawa masing-masing.

Yogi Swandi salah satu panitia RK berharap, nantinya penerus estafet kepemimpinan semua Ormawa Udinus bisa menjadi lebih baik dan berkualitas.

“Dapat berkoordinasi satu sama lain, dan tidak ada perselisihan serta melakukan persaingan yang positif,” ujarnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang