Tingkatkan Sinergitas, Pemkab Pemalang Gelar Rakor Keamanan dan Penegakan Hukum

Rapat koordnasi keamanan dan penegakan hukum pada bulan Ramadan dan Idul Fitri 2021, di gedung Sasana Bhakti Praja Pemalang, Jumat, (16/4). (foto : Pemalangkab.go.id)

 

HALO PEMALANG – Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, menyoroti berbagai persoalan, mulai dari gangguan keamanan hingga protokol kesehatan, selama Ramadan dan Idul Fitri 2021. Dia meminta semua pihak yang terkait untuk meningkatkan sinergi.

Permintaan itu disampaikan Bupati, ketika memimpin rapat koordnasi (rakor) keamanan dan penegakan hukum pada bulan Ramadan dan Idul Fitri 2021. Rakor diselenggarakan di gedung Sasana Bhakti Praja Pemalang, Jumat, (16/4).

Hadir dalam rapat tersebut, Wakil Bupati Mansur Hidayat, beserta Forkopimda Kabupaten Pemalang, Sekda Kabupaten M Arifin, Kepala Bakesbangpol Sujarwo, Plt Dinas Perhubungan Pemalang H Amrullah, Kepala Dinas Kesehatan Pemalang Shalahudin, dan sejumlah Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Pemalang.

Dalam rapat, Bupati menyoroti berbagai masalah, termasuk potensi gangguan keamanan dan ketertiban, ketersediaan dan kestabilan harga kebutuhan pokok, kelancaran distribusi kebutuhan pokok ke seluruh wilayah di Kabupaten Pemalang, dan kelancaran lalu lintas atau perhubungan.

Terkait itu, Bupati meminta semua pihak yang menangani urusan tersebut, agar dapat meningkatkan koordinasi dan sinergitas dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Segenap stakeholders terkait, menurut Bupati, perlu berkoordinasi dengan aparat keamanan, dalam melakukan deteksi dini atau pencegahan dini, potensi gangguan keamanan, termasuk dari kelompok teroris.

Berkaitan dengan mudik Lebaran, hal itu sudah dilarang oleh Pemerintah Pusat. Namun demikian upaya sebagian warga untuk mudik, kemungkinan tetap ada. Karena itu perlu pengawasan pada pemudik, yang akan masuk Kabupaten Pemalang, terutama melalui jalur tikus.

Bupati juga berharap, semua posko pengawasan di masing-masing kecamatan dan desa, untuk memonitor penerapan protokol kesehatan. Pemantauan termasuk di masjid dan mushala, yang akan melaksanakan Shalat Idul Fitri

Dia juga meminta agar kampanye pemakaian masker dan menjaga kebersihan ditingkatkan.

“Galakkan program Jogo Tonggo, sembari konsisten mengedukasi masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan dan lakukan pemantauan dan penjagaan objek-objek vital seperti tempat wisata dan tempat ibadah,“ kata Bupati, seperti dirilis Pemalangkab.go.id. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.