Halo Semarang
Take a fresh look at your lifestyle.

Tingkatkan Profesionalitas Dalam Pengelolaan Keuangan, KONI Kota Semarang Gelar Bintek

Bintek untuk Cabang Olahraga (Cabor) KONI Kota Semarang di salah satu hotel di Semarang, Sabtu (12/10/2019).

 

 

HALO SEMARANG – Untuk meningkatkan profesionalitas dalam pengelolaan keuangan dan penyusunan laporan dengan baik dan benar, KONI Kota Semarang menggelar Bintek untuk Cabang Olahraga (Cabor) dan KONI di salah satu hotel di Semarang, Sabtu (12/10/2019).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua DPRD Kota Semarang Wahyoe “Liluk” Winarto, Sekretaris Komisi D DPRD Kota, Anang Budi Utomo, dan Kadispora Kota Semarang, Suhindoyo.

Ketua Umum KONI Kota Semarang, Arnaz Agung Andrarasmara mengatakan, keberhasilan organisasi atau cabor ditentukan oleh 4P yakni perencanaan, pengorganisasian, penganggaran, dan pembinaan prestasi.

“Sebetulnya tidak terlalu sulit untuk dilaksanakan, namun kebanyakan karena dipengaruhi oleh faktor malas. Makanya dengan Bintek ini mari kita sama-sama belajar,” pinta Arnaz, di sela Bintek.

Lebih lanjut Arnaz yang juga Ketua Kadin Kota Semarang ini menyatakan, KONI yang dipimpinnya saat ini menerapkan perencanaan yang efektif dan efisien. Yakni perencanaan yang mengarah pada pembinaan prestasi.

“Karena saat ini alarm sudah menyala, Popda SD, Popda SMP kita sudah kalah dengan kota lain. Porprov 2022 kita bisa kalah kalau kita masih santai-santai,” tandasnya.

Untuk itu, Arnaz mendorong kepada DPRD untuk mendesak kepada pemerintah supaya segera mewujudkan sport center di Kota Semarang.

“Kalaupun belum bisa, minimal mewujudkan sport center di masing-masing kecamatan yang lebih spesifik dan berbeda cabornya. Sehingga saling sinergi di masing masing cabor,” ujarnya.

Mengenai pengorganisasian, lanjut Arnaz, tahun 2020 KONI Kota Semarang akan meng-ISO-kan sekretariat, agar standar operasional di kesekretariatan lebih profesional dan lebih tertib.

“Harapan saya teman-teman cabor bisa mengikuti, paling tidak mempelajari apa yang telah kita lakukan,” pesannya.

Kemudian masalah penganggaran, menurut Ketua Baznas ini, yang terpenting adalah realisasinya dapat dipertanggung jawabkan, yakni apa adanya dan tidak fiktif. Kemudian dokumentasi memenuhi unsur kualitatif dan kuantitatif.

“Mohon maaf jika Satgas LPJ yang dibentuk KONI agak sedikit keras. Bukan bermaksud untuk mempersulit, saya meyakinkan bahwa Satgas LPJ bukan hanya bicara boleh atau tidak. Tapi untuk membimbing, mementoring teman-teman cabor dalam membuat perencanaan dan membuat laporan yang baik. Maka sekali lagi mari sama-sama belajar sehingga bisa mengikuti protap dan aturan yang berimplikasi KONI semakin baik dan mampu meningkatkan prestasi olahraga di Kota Semarang,” tandasnya.

Sementara itu sekretaris Komisi D DPRD Kota Semarang, Anang Budi Utomo menyatakan, KONI merupakan organisasi yang mendapatkan diskresi untuk mendapatkan dana hibah setiap tahunnya.

“Untuk itu saya wanti-wanti, saya titip agar semuanya direncanakan dan dikelola sebaik-baiknya. Kemudian dilaporkan sebaik-baiknya, jangan sampai bermasalah. Kuncinya adalah kekompakan, baik internal KONI maupun kekompakan di masing-masing cabor yang menerima dana hibah,” pesan Anang.

Anang juga berpesan KONI Kota Semarang agar segera melakukan penguatan-penguatan kelembagaan yang ada di lingkungannya.
Karena lanjut Anang, dalam hal keuangan tidak bisa main-main. Dalam laporan keuangan dana hibah ini, kalau tidak dengan integritas tinggi sasaran tembaknya sangat mudah.
“Makanya lakukan penguatan-penguatan, lakukan inovasi-inovasi sehingga tujuan tercapai dan laporan berjalan dengan baik,” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Wakil Ketua DPRD Kota Semarang, Wahyoe “Liluk” Winarto menyatakan mendukung program-peogram KONI ke depannya.

“Saya percaya KONI Kota Semarang di bawah kepemimpinan Arnaz Agung Andrarasmara akan semakin maju dan hebat. Dan jadikan bintek ini sebagai gerbang profesionalitas, kerja disipilin dalam mengelola administrasi dan peningkatan prestasi atlet-atlet Kota Semarang yang berkesinambungan,” ujarnya.

Lebih lanjut Liluk mengatakan, sangat mendukung kegiatan Bintek yang diselenggarakan KONI Kota Semarang.

“Saya berharap kegiatan ini jadi momentum untuk perbaikan, penyempurnaan dan revitalisasi perbaikan pembinaan prestasi olahraga di Kota Semarang. Sehingga menciptakan atlet-atlet yang mampu bersaing baik di kancah nasional maupun internasional,” tandasnya.

Liluk juga berharap dengan adanya Bintek ini tidak ada lagi kendala dalam penyusunan laporan keuangan. Diharapkan ke depan laporan bisa selesai tepat waktu dan sesuai dengan aturan.

“KONI Kota Semarang juga diharapkan mencermati dan selektif, agar setiap pengajuan anggaran terlaksana dengan baik dan tepat sasaran khususnya dalam kemajuan prestasi olahraga di Kota Semarang,” pintanya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang