in

Tingkatkan Pembangunan Daerah, Bukalapak Dorong Digitalisasi PBB dan E-Samsat

Diskusi Media Daring dengan tema Tuntas Tunai Pajak Bersama Bukalapak, Kamis sore (24/9/2020).

 

HALO SEMARANG – Bukalapak mendorong optimalisasi peran pajak dalam pembangunan melalui digitalisasi teknologi.

Hal ini terlihat dari kenaikan transaksi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta Pajak Kendaraan Bermotor (E-Samsat) yang mencapai 86%, dan pertumbuhan pengguna hingga 55% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Capaian yang signifikan ini juga didukung dengan perluasan cakupan wilayah pembayaran yang terus dilakukan.

Jika pada tahun 2019, daerah yang telah bergabung untuk live PBB meliputi Banten, DKI, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, kini di tahun 2020 telah bertambah dengan Provinsi Kepulauan Riau dan Riau, beserta Sumatera Utara.

Sedangkan untuk E-Samsat, pada awal kuartal IV tahun ini provinsi Jawa Tengah akan menambah cakupan wilayah yang menerima pembayaran secara digital, selain Jawa Barat, Banten, dan Kepulauan Riau.

CEO Bukalapak, Rachmat Kaimuddin menyatakan, tahun ini Bukalapak menjadi marketplace pertama yang menerima pembayaran E-Samsat pada Mitra Bukalapak, sebagai bentuk dukungan terhadap upaya pemerintah menggalakkan pembayaran pajak daerah.

Menurutnya, tata cara pembayaran PBB dan E-Samsat di Bukalapak berfokus pada proses pembayaran yang real time, aman, dan mudah diakses.

“Terlebih di situasi pandemi seperti ini, pengguna tetap bisa menunaikan kewajibannya membayar PBB tanpa harus keluar rumah atau kontak dekat dengan orang lain. Hal ini ditujukan untuk mendukung optimalisasi pelayanan publik dari pemerintah yang mendorong pertumbuhan ekonomi, pembangunan infrastruktur, dan pendapatan negara,” ujarnya saat Diskusi Media Daring tema Tuntas Tunai Pajak Bersama Bukalapak, Kamis sore (24/9/2020).

Adapun mengenai tingkat partisipasi masyarakat, Rachmat menjelaskan rata-rata kenaikan transaksi tumbuh secara positif hingga 20% per bulan sejak awal tahun ini.

“Tahun depan, kami menargetkan pertumbuhan transaksi hingga 3 kali lipat dari tahun ini, dengan mengajak kota dan kabupaten di Jawa Tengah dan Jawa Timur bisa bergabung untuk live PBB dan E-Samsat,” tambah Rachmat.

Setelah menjadi marketplace pertama yang bisa menerima pembayaran E-Samsat melalui aplikasi, Bukalapak ingin menciptakan dampak yang signifikan dengan kehadiran E-Samsat di lebih dari 5 juta Mitra Bukalapak.

Sementara, dalam diskusi tersebut, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kementerian Dalam Negeri, Hamdani menyatakan, inovasi dan teknologi untuk memudahkan proses pembayaran pajak dapat dimanfaatkan masyarakat guna mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

“Kami mendukung optimalisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pemanfaatan inovasi dan teknologi informasi dengan stakeholder terkait. Dengan proses perpajakan yang semakin mudah dan praktis bagi masyarakat, kami berharap semakin banyak juga wajib pajak yang berpartisipasi dan membantu mendongkrak pendapatan daerah,” tuturnya.

Pembicara lainnya, Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kementerian Keuangan, Hestu Yoga Saksama mengungkapkan, inisiatif platform e-commerce dalam mempermudah pembayaran pajak merupakan salah satu bentuk dukungan konkret pelaku industri digital terhadap kesejahteraan masyarakat.

Selain menyederhanakan sistem pelayanan pembayaran PBB dan E-samsat, menurutnya, Bukalapak juga memberikan kemudahan pembayaran pajak pusat melalui menu penerimaan negara yang didalamnya termasuk PPh, PPn, dan lainnya.

“Saya berharap pengguna dapat memanfaatkan alternatif tersebut karena menawarkan efisiensi yang ditujukan untuk membantu agenda pembangunan Negara,” ujarnya.(HS)

Dinkop Jateng dan Disperinkop UKM Kendal Gelar Pelatihan Wirausaha Bagi Pemula

Pancaroba, Waspadai Ancaman Puting Beliung