Tingkatkan Minat Baca, Lapas Kelas IIA Ambarawa Terima 1.000 Eksemplar Buku Dari Perpusnas

Penyerahan buku bacaan dari Perpusnas kepada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Ambarawa, Senin (24/8/2020).

 

HALO SEMARANG – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI hibahkan 1.000 eksempelar buku bacaan kepada Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Ambarawa, sebagai upaya untuk meningkatkan minat baca bagi warga binaan, Senin (24/8/2020).

Tujuannya agar menambah ilmu dan pengetahuan, sehingga nantinya dapat diaplikasikan setelah mereka selesai menjalani masa hukuman.

Perwakilan Perpustakaan Nasional RI, Haridijatno Soetarmo menyatakan, pihaknya menghibahkan 500 judul buka sebanyak 1.000 eksemplar ke Lapas kelas IIA Ambarawa.

Menurutnya, bantuan tersebut merupakan bagian dari program Perpustakaan Nasional ke lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) seluruh Indonesia.

“Harapannya, buku-buku hibah untuk lapas Ambarawa akan meningkatkan minat baca bagi warga binaan,” ujarnya usai menyerahkan hibah buku ke Lapas Kelas II-A Ambarawa, Kabupaten Semarang, Senin (24/8/2020).

Hampir 50 persen buku yang diberikan terkait teknologi tepat guna, di antaranya tentang ilmu budi daya perikanan, pertanian, bengkel atau otomotif. Selain itu, ada buku yang menjabarkan tentang motivasi hidup, buku humor, serta karya sastra berupa novel.

“Masukan dari lapas sebelumnya, sekarang ada juga buku humor. Dengan harapan, Perpustakaan Lapas Kelas II-A Ambarawa akan lebih baik,” katanya.

Kalapas Kelas II-A Ambarawa, Warsianto menyatakam buku yang dihibahkan dari perpustakaan nasional sangat bermanfaat bagi warga binaan.

Menurutnya, dengan dihibahkannya buku baru dari Perpusnas RI sebanyak 1.000 eksemplar, maka jumlah koleksi di Perpustakaan Lapas Kelas II-A Ambarawa menjadi lebih kurang 3.000 buku.

“Dengan membaca buku, warga binaan bisa menambah pengetahuannya sesuai bakat dan minat. Jika senang pertanian maka bisa membaca teknologi pertanian. Atau yang senang menulis, maka bisa mendapat ilmu tambahan dengan membaca buku tentang puisi atau sastra,” paparnya.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Semarang, Hendy Lestari melalui Kabid Perpustakaan, Indriastuti mengungkapkan, untuk menjaga kualitas dan kuantitas layanan selama pandemi Covid-19, pihaknya sudah menjalankan program aplikasi berbasis android, yakni “iSemarangKab”.

Aplikasi ini bisa diunduh melalui google playstore atau mengetik http://isemarangkab.moco.co.id/.

“Jadi tidak perlu ada tatap muka, dengan memakai android layanan perpustakaan digital bisa dinikmati. Tentunya membaca buku di rumah akan semakin menyenangkan,” ungkap Indri.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.