in

Tingkatkan Literasi Warga, Pemkab Kendal Bangun Gedung Layanan Perpustakaan Daerah

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat memberikan sambutan dalam acara Ground Breaking Pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal, Rabu (28/7/2021).

 

HALO KENDAL – Bertepatan dengan Hari Jadi yang ke-416, Pemerintah Kabupaten Kendal memulai pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kendal, Rabu (28/7/2021).

Peresmian dihadiri, Bupati dan Wakil Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dan Windu Suko Basuki, Anggota Komisi X DPR RI, Mujib Rohmat, Plt Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid, serta beberapa Perwakilan Kepala OPD.

Dibangun di atas tanah seluas total 4.606 meter persegi, Gedung Layanan Perpustakaan Daerah menelan biaya sebesar Rp 10 miliar.

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya mengatakan, pembangunan perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi masyarakat.

Selain itu, juga untuk mewujudkan perpustakaan yang layak dan menarik untuk dikunjungi masyarakat khususnya di Kabupaten Kendal.

“Saya mengucapkan selamat kepada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kendal yang sebentar lagi akan memiliki gedung layanan perpustakaan baru, yang insya-Allah layak dan nyaman untuk dikunjungi, serta bermanfaat bagi masyarakat Kendal,” kata Dico.

Dirinya mengungkapkan, sebenarnya pembangunan ini sudah direncanakan sejak awal 2020 lalu. Namun mengalami kemunduran karena ada relokasi anggaran, akhirnya dimulai tahun 2021.

“Ini juga menjadi perhatian dan evaluasi para kepala OPD di Kabupaten Kendal, bahwa di tahun 2020, ketika saya bertemu dengan Dirjen Kementerian Keuangan mereka menyampaikan, anggaran-anggaran yang direlokasi itu adalah anggaran yang belum lelang. Jadi kemarin prosesnya konservatif sehingga banyak daerah-daerah lain tahun 2020 tidak direlokasi anggarannya, karena sudah terlanjur kontrak,” ungkap Dico.

Dengan adanya hal ini, lanjutnya, bisa menjadi perhatian semua, dengan banyaknya relokasi anggaran di Kabupaten Kendal, ke depan akan dilakukan percepatan-percepatan pembangunan.

“Insya-Allah ke depan kita akan lakukan percepatan-percepatan pembangunan dan memastikan hal seperti ini tidak terjadi lagi. Sehingga pembangunan di Kabupaten Kendal, terlaksana dengan baik sesuai dengan target yang dicanangkan Presiden RI, Pak Joko Widodo,” papar Bupati.

Wakil Bupati Kendal, Windu Suko Basuki secara simbolis meresmikan dimulainya pembangunan dengan menarik panel mesin pancang paku bumi pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kendal, Rabu (28/7/2021).

Untuk itu, lanjut Dico, akan dipastikan di bulan Agustus mulai lelang dan juga di anggaran 2022 akan dimulai di bulan Februari.

“Insya-Allah perubahan akan kita pastikan di bulan Agustus kita sudah mulai lelang, dan juga anggaran 2022 di bulan Februari sudah kita targetkan akad lelang. Percepatan-percepatan inilah yang akan kita lakukan, agar pembangungan di Kabupaten Kendal berjalan lancar,” tandasnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan peresmian secara simbolis dimulainya pembangunan, dengan penarikan panel mesin pancang paku bumi oleh Bupati dan Wakil Bupati Kendal.

Usai meresmikan, kepada wartawan Dico menambahkan, dengan dibangunnya gedung ini nantinya layanan perpustakaan akan dipindahkan di lokasi baru.

“Pembangunan ini juga untuk memastikan perkembangan gedung perpustakaan yang ada di Kendal ini, bisa berkembang dengan baik. Jadi kita tidak hanya berhenti di sini saja, kita akan terus kembangkan dan bermanfaat bagi masyarakat Kendal, khususnya meningkatkan literasi,” terangnya.

Dico juga menjelaskan, konsep yang diusung yakni The Light Library, dengan mengusung sejarah Kendal dari nama pohon Kendal, yang bercahaya.

“Sehingga perpustakaan ini diharapkan mampu menerangi masyarakat Kendal dan mencerdaskan masyarakat Kabupaten Kendal,” jelasnya.

Lokasi pembangunan Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kendal di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kendal.

Sementara itu, Anggota Komisi X DPR RI, Mujib Rohmat berharap, agar semua bangunan yang ada di Kabupaten Kendal jangan dibangun seadanya.

“Di era sekarang ini, semua desaign-desaign pembangunan di Kabupaten Kendal jangan dibangun seadanya. Kita harus membangun dengan baik. Kalau bisa semua pembangunan di Kabupaten Kendal harus menjadi bangunan yang ikonik di Jawa Tengah,” kata Mujib.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid menambahkan, terkait dengan koleksi untuk pelaksanaan di gedung baru perlu banyak tambahan.

“Terutama kekurangan kita terkait e-book (elektrik buku), masih sangat kurang. Sehingga rencana kita tahun depan, akan menambah koleksi e-book nya. Kalau untuk koleksi buku fisik buku-buku manual, Insya-Allah sudah lumayan, hanya perlu penambahan saja,” ungkapnya.

Dirinya mengaku, perpustakan yang lama fasilitasnya masih kurang, masih jadi satu dengan kantor dinas, jadi kurang ideal.

“Seharusnya terpisah, sehingga ideal dan layak bagi sebuah perpustakaan. Dan dengan dibangunnya gedung ini, antara kantor dengan perpustakaan dipisah,” imbuhnya.

Untuk pengerjaan pembangunan, lanjut Ircham, ditargetkan selesai Desember tahun ini.

“Dengan program percepatan pembangunan sebelum bulan Desember sudah selesai,” ujarnya.

Ircham juga menyampaikan, dalam rangka menarik minat masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan daerah ini, pihaknya akan melengkapi dengan fasilitas ruang podcast dan juga ruang meeting.

“Selain itu juga disediakan ruang audiovisual yang disainnnya dibuat mirip mini bioskop. Harapan kami, bisa menarik kalangan milenial untuk datang ke Perpustakaan daerah,” pungkasnya.(ADV-HS)

Share This

Fasilitas Hotel Isoman untuk Anggota DPR, Yoyok Sukawi: Kurang Tepat!

Udinus Latih 800 Mahasiswa Dari Berbagai Perguruan Tinggi Di Indonesia