in

Tingkatkan Kunjungan Wisata Religi, ‘Kirab Budaya dan Sedekah Bumi’ Digelar di Pekuncen Kendal

Kepala Disporapar Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid dan Kepala Dispermasdes, Yanuar Fatoni dalam kegiatan Merti Desa ‘Kirab Budaya dan Sedekah Bumi’ di Desa Pekuncen, Kecamatan Pegandon, Kendal, Rabu (10/7/2024).

HALO KENDAL – Pemerintah Desa Pekuncen, Kecamatan Pegandon, Kabupaten Kendal, menggelar Merti Desa ‘Kirab Budaya dan Sedekah Bumi 2024’ yang dipusatkan di Masjid Jami’ Sunan Abinawa desa setempat, Rabu (10/7/2024).

Nampak arak-arakan kirab budaya warga dengan berbagai busana adat dan juga mengenakan atribut-atribut sambil membawa gunungan yang berisi beraneka hasil bumi.

Setelah diarak, warga pun akhirnya berebut gunungan untuk mendapatkan hasil bumi, yang diyakini dapat mendatangkan keberkahan dan rejeki.

Kepala Desa Pekuncen, Santoso mengatakan, kegiatan Sedekah Bumi diharapkan ke depan akan terus dilanjutkan, serta menjadi kalender wisata Kendal.

“Kegiatan sebagai nguri-nguri budaya, dan menumbuhkan semangat masyarakat untuk melestarikan warisan leluhur,” ujarnya kepada sejumlah awak media.

Santoso membeberkan, sedikitnya ada 16 gunungan dan tumpeng yang diarak dalam kegiatan, yang dipersembahkan oleh 14 rukun tetangga (RT) yang ada di Desa Pekuncen dan lembaga lainnya.

Dirinya juga berharap, dengan digelarnya sedekah bumi, bisa membuat desanya lebih dikenal luas, karena selama ini sudah dikenal melalui wisata religi terutama saat Haul Sunan Abinawa.

“Diharapkan dengan adanya Sedekah Bumi Desa Pekuncen ini, ke depannya semakin berkembang, dan dikenal luas. Sehingga bisa lebih menarik lagi minat wisatawan khususnya untuk wisata religi,” harap Santoso.

Dijelaskan, wisata religi yang selama ini berjalan, yaitu selalu ramai dikunjungi peziarah terutama pada malam Jum’at Kliwon dan pada bulan Muharam.

“Para peziarah selalu ramai tepatnya di belakang masjid, yang ada Makam Sunan Abinawa, yang diyakini masih keturunan Kerajaan Pajang,” jelas Santoso.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kendal, Achmad Ircham Chalid yang hadir dalam kegiatan optimis dengan adanya peningkatan wisata religi akan berdampak bagi masyarakat Desa Pekuncen, terutama para pelaku UMKM setempat bisa lebih berkembang

Senada disampaikan Kepala Dispermasdes Kendal, Yanuar Fatoni, yang juga berharap dengan adanya kirab budaya dan sedekah bumi di Desa Pekuncen bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu, yang menjadi cita-cita pemerintah dan masyarakat Desa Pekuncen, yaitu membangun rest area dalam rangka memberikan fasilitas layanan pendukung bagi pengunjung wisata religi bisa terwujud.

“Sehingga dengan adanya fasilitas layanan pendukung bagi wisatawan, peningkatan Pendapatan Asli Desa bisa segera terwujud dan menjadi bagian dari unit usaha yang dikelola BUMDesa Pekuncen,” ujar Yanuar. (HS-06)

 

Pemotor Meninggal Dunia Usai Tabrak Truk Terparkir di Arteri Soetta Semarang

Masyarakat di Plantungan Kendal Bersyukur, Jalan Penghubung Antar-Desa Dibangun