in

Tingkatkan Kualitas Pemukiman, Pemerintah Bangun 136 Rumah di Surakarta

Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa merobohkan tembok sebagai tanda peresmian proses pembukaan lahan untuk pembangunan pemukiman layak huni, di empat RW, di Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. (Foto : Surakarta.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Lebih dari seratus hunian di empat RW, di Kelurahan Semanggi, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta, mulai dirobohkan, Minggu (19/9). Di lahan itu, Pemkot Surakarta akan membangun 136 rumah layak huni, sekaligus memberikan sertifikat tanah untuk warga yang selama menghuni kawasan itu.

Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa ketika meresmikan secara simbolis pembukaan lahan (land clearing) di lokasi itu, mengatakan proyek Peningkatan Kualitas Permukiman Kumuh di Kelurahan Semanggi tersebut, merupakan kolaborasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Kota Surakarta, dan masyarakat.

Dia mengatakan nantinya pemerintah akan membangun 136 rumah untuk warga yang telah menghuni kawasan itu, sekaligus memberikan sertifikat tanah untuk mereka.

Kepala Bidang Kawasan Permukiman Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPKPP) Kota Surakarta, Gunawan mengatakan kawasan RW 2, RW 3, RW 4, dan RW 5 tersebut, masuk program Semanggi Harmoni bebas kumuh.

Adapun untuk pembangunan kawasan itu, Pemkot Solo memperoleh bantuan dana Rp 36 miliar dari Bank Dunia. Proses pembangunan diawali dengan pengosongan, dan perobohan bangunan hingga November 2021, untuk kemudian dibangun 136 hunian.

Di kawasan pemukiman itu, nantinya juga akan disediakan sarana, prasarana, dan utilitas umum (PSU), termasuk air bersih dan sanitasi. Balai Prasarana Permukiman Wilayah Jawa Tengah, akan menggelar proses lelang proyek pembangunan rumah, pada Desember 2021 dan proses pembangunan PSU diharapkan mulai Januari 2022.

Koordinator Kotaku Solo, Cornelius Tri Cahyo, menjelaskan lahan hak pakai (HP) yang ditempati warga tersebut, merupakan milik Pemerintah Pusat dan sedang proses diminta oleh Pemkot Solo.

Pemkot Solo berkomitmen menghibahkan lahan itu kepada warga, dengan memberikan sertifikat. “Lahan yang akan ditempati warga 39 meter persegi. Lahan untuk dirikan rumah 36 meter persegi,” jelasnya. (HS-08)

Share This

Wabup Pati Minta Pemuda Kompak dan Bersatu Memajukan Desa

Kwarda Jateng Serahkan Bantuan APD dan Suplemen untuk Kwarcab Banyumas