Tingkatkan Kinerja ASN, Pemkab Kendal Gelar Seminar Kepemimpinan

Foto ilustrasi ASN Pemkab Kendal.

 

HALO KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal menggelar Seminar Pameran Inovasi Kepemimpinan Pada Masa Pandemi Covid-19 di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal, yang digelar di ruang Abdi Praja Kabupaten Kendal, Kamis (10/12/2020).

Acara dihadiri beberapa nara sumber, di antaranya, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Eko Suseno HRM, dan Kepala Bidang Pengembangan Kompetens Manajerial pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah, Andi Suryanto.

Kegiatan diikuti oleh para kepala OPD Kendal, para alumni kepemimpinan administrator dan pengawas, serta ASN di lingkungan Kabupaten Kendal secara virtual dengan streaming Youtube.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kendal, Cicik Sulastri, dalam sambutannya mengatakan, maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah, untuk memberikan motivasi kepada ASN peserta seminar, agar berusaha bekerja dengan sistem yang lebih efektif dan efisien.

“Selain itu dalam rangka membangun kerja sama dengan stakeholder secara lebih baik. Sehingga kualitas pelayanan organisasi perangkat daerah lebih unggul melalui beberapa terobosan-terobosan pemikiran dan tindakan, dalam hal ini adanya inovasi,” terang Cicik.

Yang kedua, lanjutnya, agar bergerak dari comfort zone ke competitive zone, karena tuntutan masyarakat yang semakin kompleks.

“Ketiga, membangun pola hubungan kerja dan komunikasi yang produktif dengan bawahan, rekan dan atasan, serta mitra kerja Pemda dalam melahirkan inovasi ASN yang mendukung perkembangan inovasi daerah,” ujar Cicik.

Keempat, tambahnya, membangun pola hubungan kerja dan komunikasi yang produktif dengan bawahan, rekan dan atasan, serta mitra kerja Pemda dalam melahirkan inovasi yang mendukung perkembangan inovasi daerah.

“Serta bertujuan untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat dalam peningkatan daya saing inovasi daerah,” imbuh Cicik.

Semenatara dalam sambutannya, Wakil Bupati Kendal, Masrur Masykur memberikan apresiasi dan menyambut baik dilaksanakannya kegiatan tersebut.

Dia berharap, melalui kegiatan ini, dapat membentuk sosok pejabat di Kendal yang memiliki kompetensi yang lebih baik dan profesional, dapat menjadi pemimpin perubahan di instansinya masing-masing dalam melaksanakan reformasi birokrasi, dan memberikan pelayanan terbaik di berbagai sektor publik pada masyarakat.

”Saudara sebagai aparatur pemerintah, harus dapat menjadi pejabat yang mampu menjadi kekuatan yang bisa memperbaharui semangat kerja dan cara kerja bawahannya, dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Karena Saudara adalah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal yang akan menjadi motor penggerak dalam pemerintahan dan pembangunan di Kendal ini,” ungkap Wakil Bupati Kendal.

Masrur Masykur mengimbau kepada seluruh ASN, agar dapat meningkatkan kualitas kinerja secara cepat, akurat, transparan dan akuntabel dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik, bersih dan berwibawa.

”Bekerjalah dengan sungguh-sungguh, ikhlas dan kerja tuntas. Ciptakan inovasi baru dalam setiap kerja dan karyanya, dengan gerakan one institution one inovation,” ujarnya.

Menurut Wakil Bupati Masrur, salah satu implementasi dari competitive zone, adalah dengan selalu aktif meng-upgrade kompetensi terkini bidang tugas, untuk tetap bisa eksis, dan bersaing dengan paradigma perubahan yang sangat pesat di era sekarang ini.

“Pada kesempatan ini, saya mengajak kepada seluruh ASN di Kendal untuk menjadikan lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kendal menjadi Learning Organization. Kita jadikan organisasi yang terus belajar, karena kita semua ini manusia yang penuh dengan kekurangan tapi juga punya potensi untuk dikembangkan,” tandasnya.(HS).

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.