Tingkatkan Kesadaran Masyarakat, Razia Masker Terus Digencarkan Satgas Covid-19

Foto ilustrasi masker.

 

HALO SEMARANG – Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menaati protokol kesehatan, Satgas Covid-19 Kota Semarang terus menggencarkan razia masker di tempat-tempat umum.

Terbaru, Satgas Covid-19 Kota Semarang menyasar kerumunan massa yang nongkong di PKL dan angkringan di kawasan Simpanglima, Sabtu (3/10/2020) malam.

Satgas Covid-19 yang terdiri dari Satpol PP Kota Semarang, Polrestabes Semarang, Dandim Semarang dan Dinas Kesehatan Kota Semarang langsung melakukan penertiban dan penindakan terhadap warga di sana yang tak mematuhi protokol kesehatan.

“Prihatin melihat anak-anak muda tidak memperhatikan protokol kesehatan, tidak mengenakan masker, dan berkerumun. Selain itu penyedia tempat juga tidak menjalankan protokol kesehatan,” ujar Kasat Pol PP Kota Semarang, Fajar Purwoto saat memimpin razia.

Para pelanggar langsung diberi sanksi sosial menyapu jalanan dan push-up, serta menjalani rapid tes oleh Dinas Kesehatan Kota Semarang. Sementara PKL yang jadi tempat berkerumun juga ditertibkan.

“Ada 92 pelanggar yang kami beri sanksi sosial dan PKL di Jalan Imam Barjo kami tertibkan,” tandas Fajar.

Dari 92 pelanggar, sebanyak 64 menjalani rapid tes. Fajar juga menegaskan, kawasan Simpanglima menjadi perioritas penindakan pelanggar protokol kesehatan, khususnya Sabtu malam.

“Malam Minggu kawasan Simpanglima menjadi perioritas dalam penegakkan protokol kesehatan dan ternyata banyak pelanggar yang terpaksa kami berikan sanksi,” ujar Fajar lagi.

Dikatakan, target bulan Desember 2020, Kota Semarang masuk zona hijau dari Covid-19.

“Selain kami massifkan razia masker, kami minta kepada warga untuk bergerak bersama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan mentaati protokol kesehatan, salah satunya mengenakan masker di tempat umum,” pintanya.

Fajar juga berharap, masyarakat mengenakan masker bukan karena takut terkena razia tapi untuk menjaga kesehatan.

“Karena mengenakan masker berarti menjaga kesehatan diri dan keluarga dari paparan virus corona,” pungkas Fajar.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.