in

Tingkatkan Kesadaran Cinta Membaca, Dinarpus Kendal Galang Donasi Buku

Salah satu pelayanan donasi buku program Sharing Buku Kendal Dinarpus Kendal.

 

HALO KENDAL – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kabupaten Kendal menggalang donasi buku dari masyarakat, melalui program Sharing Buku Kendal, Senin (7/6/2021).

Pihak Dinarpus pun menempatkan kotak tempat untuk menampung buku di tempat-tempat strategis, untuk menerima donasi buku dari masyarakat.

Plt Kepala Dinarpus Kabupaten Kendal, Achmad Ircham Chalid mengatakan, program Sharing Buku Kendal ini merupakan salah satu program 100 Hari Kinerja Bupati dan Wakil Bupati Kendal.

“Tujuannya untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Maka pusat baca masyarakat, seperti perpustakaan desa perlu diberi bantuan buku bacaan untuk menambah koleksinya,” terangnya.

Sementara ini, lanjut Ircham, di Kabupaten Kendal ada 40 perpustakaan desa, namun yang aktif sekitar 20 perpustakaan desa.

“Maka dengan bantuan buku ini, harapannya perpustakaan desa akan lebih aktif lagi,” katanya.

Dipaparkan, saat ini sudah terkumpul sebanyak 2.400 buku, yang sudah dibagikan kepada perpustakaan desa yang ada di Kabupaten Kendal.

“Penyerahan bantuan buku kepada perpustakaan desa, secara simbolik dilakukan oleh Bupati Kendal di Desa Karangmalang, Kecamatan Kangkung pada Minggu (6/6/2021),” papar Ircham.

Dirinya berharap, melalui program Sharing Buku Kendal ini akan meningkatkan literasi masyarakat Kendal terhadap kesadaran membaca buku.

“Terutama generasi muda lebih giat lagi membaca. Harapannya bisa menjadi salah satu ikhtiar untuk melahirkan sumber daya manusia yang unggul,” imbuh Ircham.

Meski minat baca masyarakat menurun, pihaknya terus melakukan upaya, untuk menggerakan minat membaca masyarakat.

“Sekarang ini minat membaca menurun, maka dengan adanya program Sharing Buku ini bisa meningkatkan minat membaca masyarakat,” harapnya.

Untuk sementara, sudah disediakan 13 kota donasi buku yang ditempatkan di tempat-tempat strategis.

“Di antaranya, kami tempatkan di kantor-kantor pelayanan publik dan juga di pusat keramaian, seperti alun-alun Kota Kendal,” pungkas Ircham.(HS)

Share This

Gaji ke-13 ASN Pemkot Semarang Cair Minggu Ini

Bantu Kudus, Ganjar Kirim 120 Tenaga Medis