Tingkatkan Kemampuan Dosen, Program Studi Sistem Informasi USM Gelar Workshop ERP

Para dosen Program Studi Sistem Informasi Univesitas Semarang (USM), mengikuti workshop “OpenERP” (Odoo Versi 13), 8 hingga 11 Desember secara virtual. (Foto : Dok)

 

HALO SEMARANG– Program Studi Sistem Informasi Univesitas Semarang (USM), menggelar workshop “OpenERP” (Odoo Versi 13), bagi para dosen, 8 hingga 11 Desember secara virtual.

Kegiatan yang diikuti 10 dosen Sistem Informasi ini, menggandeng  lembaga pelatihan Berdiklat Yogyakarta, dengan narasumber dari Nurosoft Consulting, Odoo gold partner asal Surabaya, yaitu Onil Yusharyahya & Yessy Aryanti.

Menurut Ketua Program Studi Sistem Informasi USM Prind Triajeng Pungkasanti MKom, tujuan workshop ini untuk meningkatkan kemampuan dosen di bidang Enterprise Resource Planning (ERP). Hal ini merupakan konsep untuk merencanakan dan mengelola sumber daya sebuah perusahaan.

ERP juga bertujuan untuk mendukung salah satu kompetensi mahasiswa Progdi Sistem Informasi USM.

Salah satu software yang digunakan dalam ERP adalah Odoo Versi 13. Software ini dapat mengakomodasi aplikasi bisnis seperti Customer Relationship Management (CRM), yaitu strategi bisnis yang memadukan proses, manusia dan teknologi.

Software ini juga mencakup Project Management, Penjualan (Sales), Manufaktur, Warehouse, serta Manajemen Keuangan.

“ERP Mengakomodasi semua proses bisnis manufaktur (pabrik) dari proses produksi, warehouse, penjualan CRM yang sudah  terintegrasi sehingga  dapat mengakomodasikan kebutuhan – kebutuhan sistem informasi secara spesifik pada departemen – departemen yang berbeda pada suatu perusahaan,” tambahnya.

“Kegiatan peningkatan keilmuan bagi dosen system informasi seperti  ini rencana akan digelar rutin setiap semester sekali” imbuhnya.

Sementara menurut Ketua Pelaksana Agusta Praba Ristadi Pinem MKom, bahwa kami memilih Odoo Versi 13, karena dengan memanfaatkan fungsionalitas OpenERP atau Odoo ke level yang lebih tinggi akan dapat memberikan banyak keuntungan, dikarenakan software ini merupakan open source dan memiliki kemampuan ERP, sehingga software ini memiliki lebih banyak penawaran selain fungsionalitas dari  ERP itu sendiri. .

Selain itu, Odoo juga mendapat dukungan dari banyak komunitas yang dinamis, sangat fleksibel dan mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.