in

Tingkatkan Fungsi PPID Kecamatan dan Kelurahan, Diskominfo Kendal Sosialisasikan “Dokar”

Ahmad Syahrul Falah dari Diskominfo Kendal, saat memberikan materi Sosialisasi Tugas dan Fungsi PPID Kecamatan dan Kelurahan, serta Sinkronisasi Website Dokar, di Aula Kecamatan Kendal, Rabu (23/11/2022).

HALO KENDAL – Pemerintah Kecamatan Kendal mengadakan sosialisasi tugas fungsi Pejabat Pegelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kecamatan dan Kelurahan se-Kecamatan Kendal, serta sinkronisasi dalam website Desa Online Kabupaten Kendal Terintegrasi (Dokar), di Aula Kecamatan Kendal, Rabu (23/11/2022).

Acara menghadirkan narasumber Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik pada Dinas Kominfo Kendal, Ahmad Syahrul Falah, dan dihadiri Camat Kendal, Asiati Rosyada, serta diikuti oleh PPID Kecamatan dan Kelurahan se-Kecamatan Kendal dalam hal ini para kepala beserta sekretaris kelurahan dan kaur umum.

Ahmad Syahrul Falah dalam pemaparan materinya menjelaskan, sosialisasi bertujuan untuk meningkatkan kinerja pemerintahan kelurahan dan desa, dalam tugas dan fungsi PPID pelaksana serta sinkronisasi PPID pelaksana melalui website Dokar.

“Intinya outputnya memacu PPID pelaksana yang ada di Kecamatan Kendal dan PPID kelurahan se-Kecamatan Kedal, untuk lebih aktif dalam mengupload daftar informasi publik dan daftar informasi yang dikecualikan,” jelasnya.

Dalam tugasnya, lanjut Syahrul, PPID berfungsi sebagai pengelola dan penyimpan dokumen yang dimiliki oleh badan publik sesuai dengan amanat UU 14/2008 tentang keterbukaan Informasi Publik.

Dengan keberadaan PPID maka masyarakat yang akan menyampaikan permohonan informasi lebih mudah dan tidak berbelit karena dilayani lewat satu pintu.

“Pejabat pengelola Informasi dan Dokumentasi atau PPID adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di badan publik,” tandas Syahrul.

Selain itu, PPID juga mempunyai kewenangan mengumpulkan informasi publik pada seluruh komponen kantor kecamatan atau di tingkat kelurahan.

Selanjutnya, mengusulkan uji kompetensi informasi publik yang dikecualikan pada kantor kecamatan kepada PPID utama Kabupaten Kendal untuk dimasukkan ke dalam website Dokar.

“Kemudian menetapkan informasi publik di lingkungan kantor kecamatan atau kelurahan, tentang informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala, informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara serta merta, informasi yang wjib disediakan setiap saat, informasi yang dikecualikan dan mengkoordinasikan ke PPID utama Kabupaten Kendal terkait dengan permintaan informasi publik yang ditunjukan ke kantor kecamatan maupun kelurahan,” papar Syahrul.

Sementara itu, salah satu peserta Herry Ariyanto menyampaikan, bahwa kegiatan ini menambah pengetahuan para pengurus dan pelaksanaan PPID baik tingkat kecamatan dan kelurahan.

“Sekarang sudah lebih jelas untuk melaksanakan tugas dan fungsi dalam pelayanan kepada masyarakat, khususnya di bidang keterbukaan informasi publik,” ujarnya.

Herry berharap, dalam penyampaian informasi, yang masih perlu ditingkatkan adalah Sumber Daya Manusia (SDM) PPID. Hal tersebut menurutnya, bisa melalui penyelenggaraan pelatihan di bidang jurnalistik dan dokumentasi foto. Supaya masyarakat lebih paham saat dipublikasikan. (HS-06)

Seharusnya Bukan Laga yang Susah

Diduga Curi Besi Pembatas Jalan Raya di Kendal, Tiga Pelaku Berhasil Diamankan