in

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Sukirman Dorong Pemprov Jateng untuk Dongkrak Sektor Pariwisata

Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman (dok).

HALO SEMARANG – Jajaran DPRD Jateng mendorong agar ada upaya untuk mendongkrak sektor pariwisata di Jawa Tengah guna meningkatkan ekonomi masyarakat. Wakil Ketua DPRD Jateng, Sukirman menegaskan, untuk sekarang ini pariwisata menjadi sektor unggulan karena dinilai mampu mendorong perekonomian masyarakat di sekitar objek wisata.

“Perlu ada upaya untuk menggenjot sektor pariwisata Jawa Tengah. Pemprov Jateng kami harapkan bisa menggencarkan berbagai strategi dan terobosan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Jateng pada awal 2024 ini. Selain mengoptimalkan sektor industri dan usaha mikro kecil menengah (UMKM), pemprov dituntut mendorong sektor pariwisata,” kata Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, baru-baru ini.

Dikatakan, pengembangan sektor pariwisata akan berdampak terhadap perkembangan sektor ekonomi lainnya. Di antaranya terjadi peningkatan sisi konsumsi dan UMKM, yang hingga kini menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Jateng. Selain itu, sektor pariwisata juga akan berdampak terhadap bidang UMKM, restoran, penginapan, transportasi, dan usaha lainnya.

Para pelaku di sektor wisata, juga perlu mendesain paket wisata yang ada di Jateng, sehingga biro-biro perjalanan atau agen wisata dapat mengarahkan wisatawan masuk ke Jateng.

“Pariwisata merupakan salah satu bagian yang penting dari sebuah daerah. Selain sebagai tempat rekreasi, pariwisata juga penting dalam tiga aspek, dari aspek ekonomi sebagai sumber pendapatan dan pajak, dari aspek sosial penciptaan lapangan kerja, serta dari aspek budaya. Kita dapat memperkenalkan budaya kepada wistawan,” katanya.

Apalagi di Jawa Tengah, banyak daerah yang memiliki potensi untuk pengembangan pariwisata. Jenis wisata alam banyak terdapat di wilayah Banjarnegara, Banyumas, Klaten, Wonosobo. Sedangkan Banjarnegara, Kabupaten Semarang, Kota Semarang, Kota Magelang, dan Kota Surakarta merupakan kabupaten/kota unggulan untuk jenis wisata buatan.

Wisata bahari yang menjadi unggulan yaitu Brebes, Demak, Kebumen, Purworejo, Rembang, dan Kota Pekalongan. Wisata religi yang menjadi unggulan adalah Jepara dan Kabupaten Semarang. Wisata sejarah dan wisata budaya ada di Kota Semarang dengan Kota Lama dan beberapa bangunan bersejarah era kolonial.

“Namun saat ini masih banyak kabupaten/kota yang belum optimal dalam upaya pemanfaatannya. Maka perlu ada dorongan agar pemerintah daerah dapat mengembangkan sektor pariwisata, yang disesuaikan dengan potensinya,” katanya.

Sebelumnya, Pj Gubernur Jateng, Nana Sudjana menegaskan, pengembangan pariwisata dan peningkatan daya saing UMKM di sektor ekonomi kreatif menjadi salah satu dari 10 program prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 ini. Pihaknya pun siap melakukan upaya untuk menggenjot upaya meningkatkan kunjungan wisata ke Jateng.(Advetorial-HS)

 

 

Masih Butuh Pengembangan untuk Imbangi Ducati

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya, Selasa (23/1/2024)