Tim Sibat Desa Sirukem Gencarkan Promosi Cegah Covid-19

Tim Sibat Desa Sirukem, Kecamatan Kalibening, Banjarnegara datang ke rumah-rumah warga, untuk melakukan edukasi pencegahan penularan Covid-19 (Foto : Banjarnegarakab.go.id)

 

HALO BANJARNEGARA – Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) PMI Desa Sirukem, Kecamatan Kalibening, gencar mengedukasi masyarakat, agar mau mencegah penyebaran Covid-19.

Koordinator Team Sibat Sirukem, Anto Waluyo mengatakan sosialisasi dan edukasi pecegahan Covid-19, saat ini sangat penting, karena masih banyak warga yang menyepelekan dan menganggap Covid-19 biasa saja.

Sosialisasi dan promosi kesehatan, setiap hari dilakukan oleh tim yang dibagi dalam beberapa kelompok. Mereka mendatangi seluruh lapisan masyarakat di lima dusun.

“Kami mendatangi kelompok-kelompok masyarakat, agar lebih efektif dan langsung mengena. Selain itu melibatkan tokoh atau ketua kelompok masyarakat,” kata dia, seperti dirilis Banjarnegarakab.go.id.

Metode yang dilakukan oleh tim sangat beragam, dengan mempertimbangkan segmentasi atau audience. Dalam setiap kegiatan, mereka juga tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Tim juga melakukan tanya jawab pada warga, saur manuk, dan menyelenggarakan permainan kecil, agar sosialisasi tersebut tidak monoton dan membosankan.

Adapun materi utama yang disampaikan, adalah pola hidup bersih dengan menerapkan 3M, cara membuat disinfektan secara mandiri bagi rumah tangga, dan jogo tonggo.

Tim juga membangun 16 tempat cuci tangan, di fasilitas-fasiltas umum di seluruh desa. Dia berharap, tempat-tempat cuci tangan itu dimanfaatkan dan dirawat dengan baik oleh masyarakat.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara, Amalia Desiana mengapresiasi kinerja tim Sibat Desa Sirukem dan berharap mereka selalu menjadi garda terdepan dalam kegiatan kemanusiaan di desanya.

“Tetap semangat dalam karya kemanusiaan dan jangan lupa untuk selalu bahagia dalam setiap langkah melayani masyarakat dengan sepenuh hati,” paparnya.

Pihaknya berharap apa yang telah dilakukan meski sederhana namun sangat bermanfaat untuk masyarakat dalam rangka membangun generasi yang tangguh dan sehat. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.