in

Tim SAR Evakuasi Warga Jakarta yang Cedera Kaki saat Mendaki Gunung Lawu

Tim SAR Gabungan saat mengevakuasi pendaki Gunung Lawu yang cedera kaki, Rabu (28/6/2023) dini hari.

HALO SEMARANG – Tim SAR Gabungan mengevakuasi Rifky Naslahu Maulana warga Kalideres, Jakarta Barat yang mengalami cedera kaki saat mendaki Gunung Lawu, Rabu (28/6/2023) dini hari.

Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto menjelaskan, kejadian bermula ketika korban berusia 19 tahun ini melakukan pendakian lewat jalur Cemoro Kandang pada Selasa (27/6/2023) pagi. Saat hendak melakukan perjalanan turun dari pos 5, kaki kanan korban sudah tidak bisa ditekuk.

Akan tetapi, korban masih nekat turun sampai pos 3 hingga akhirnya tidak bisa jalan dan meminta bantuan tim SAR. Mendapat informasi itu, dirinya langsung memerintahkan SAR pos terdekat untuk melakukan pertolongan.

“Informasi tersebut masuk sudah malam sekitar pukul 19.00 WIB langsung ditindaklanjuti Koordinator Basarnas Pos SAR Surakarta Arif Sugiarto memberangkat 1 tim rescue untuk melaksanakan evakuasi,” ujarnya.

Setelah tiba di lokasi korban, Tim SAR langsung mengevakuasi dengan cara ditandu dan dipikul menuju basecamp. Proses pertolongan korban membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam.

“Setelah dievakuasi, korban selanjutnya dibawa ke Puskesmas Tawangmangu untuk diberikan perawatan,” jelasnya.

Diketahui ketinggian pos 3 Gunung Lawu mencapai 2500 MDPL. Kondisi malam dan gelap serta jalur yang terjal menjadi kendala tim SAR gabungan. Disisi lain, Heru menghimbau kepada calon pendaki untuk menyiapkan fisik dan mental yang kuat.

“Untuk menjaga keamanan dan keselamatan pribadi masing-masing,” imbuhnya. (HS-06)

Jateng Fair Kembali Digelar Bertema Inspiring Batik, Band Fourtwenty hingga Soegibornean akan Ditampilkan

Dugaan Maladministrasi Seleksi Perades di Kendal, Ombudsman Minta Bupati Beri Sanksi