in

Tim Resmob Polda Jateng Tangkap Tiga Pelaku Pencurian Modus Pecah Kaca Mobil

Ilustrasi Kriminal.

 

HALO SEMARANG – Polda Jawa Tengah bersama Tim Resmob eks-wilayah Surakarta, Tim IT dan Tim Resmob BM berhasil melakukan penangkapan tiga pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan.
Kabidhumas Polda Jateng, Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan, korban diketahui bernama Salam, warga Dusun Jetis, RT 4 RW 5 Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo.

Dia menjelaskan, kejadian bermula ketika korban selesai mengambil uang cash sebesar Rp 100 juta dari bank.

Kemudian, setelah mengambil uang, korban memakirkan mobilnya di depan toko kayu Bah Udin, Jalan Kh Ahmad Dahlan, Purworejo dan uang berada di dalamnya.

“Kasus pencurian terjadi saat mobil diparkir di depan toko kayu Bah Udin, Jalan Kh Ahmad Dahlan, Purworejo pada Rabu tanggal 30 Juni 2021 yang lalu, sekitar pukul 10.00,” bebernya.

Modusnya, kata dia, pelaku mendatangi mobil korban dan memecah kaca sebelah kiri dan berhasil membawa uang korban.

“Diduga korban sudah diikuti pelaku, sejak korban dari salah satu bank cabang Purworejo dengan membawa uang tunai Rp 100 juta, kemudian uang tersebut dimasukkan korban ke dalam tas kresek warna hitam dan ditaruh di jok sebelah kiri sopir,” terang Iqbal. Sabtu (14/8/2021).

Pelaku sempat diteriaki oleh seorang saksi bernama Wahyu Hartoyo, setelah melakukan pencurian.

“Korban dan saksi kemudian berusaha mengejar pelaku, namun tidak berhasil. Kemudian korban melaporkan kejadian ini ke Polres Purworejo,” jelasnya.

Diungkapkan Iqbal, ketiga pelaku yang berhasil dibekuk Tim Resmob exwil Surakarta, TIM IT dan Tim Resmob BM yaitu Nopry warga, Sumatera Selatan.
Sedangkan dua pelaku lain, yaitu Yudha  Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, dan Yulianto Nururahman, Bedono Kluwung, Kemiri.

Ketiga pelaku ini ditangkap di wilayah Sangkrah, Surakarta, pada Jumat (13/8/2021).

“Ketiga pelaku ini sudah kita buru lama sejak terjadinya kasus ini. Setelah kita lakukan penyelidikan, pelaku berhasil kita tangkap. Dua pelaku berasal dari Sumatera dan satu pelaku dari Purworejo,” kata Iqbal.

Adapun barang bukti yang diamankan, yaitu satu set alat untuk melakukan aksinya dan beberapa buah handphone.

“Para pelaku dapat dijerat pasal 363 KUHP, tentang dugaan tindak pidana pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman penjara tujuh tahun. Saat ini tersangka sudah diamankan di Mapolda untuk menjalani pemeriksaan,” ungkapnya.(HS)

Share This

Polres Jepara Gencarkan Edukasi Prokes dan Vaksinasi

Katon Wibi’s, Youtuber Asal Weleri Rilis Empat Lagu