in

Tim PPKM USM Gelar Workshop Pembuatan Proposal PKM

Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH menyerahkan plakat kepada narasumber Febri Rahman yang didampingi oleh Ketua PPKM Dr Andi Kurniawan ST MT dan Harmini ST MEng.

HALO SEMARANG – Tim Pusat Program Kreativitas Mahasiswa (PPKM) Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan Workshop Pembuatan Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) pada 28 Desember 2023.

”Kegiatan yang diikuti 414 orang dari mahasiswa dan dosen ini diselenggarakan secara hybrid, yaitu online dengan zoom meeting dan offline di auditorium Ir Widjatmoko USM,” kata Ketua UPNS PPKM USM, Dr Andi Kurniawan ST MT.

Kegiatan dibuka Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH. ”Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas proposal PKM mahasiswa USM, sehingga banyak lolos didanai, serta lolos Pekan Ilmiah Nasional (Pimnas),” kata Junaidi.

Kegiatan menghadirkan narasumber dari Tim Penalaran, Kreativitas, Minat, Bakat, dan Kesejahteraan, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Diktiristek, Kemendikbudristek, Febri Rahman dan Reviewer nasional PKM, Harmini ST MT.

Menurut Febri, ada beberapa bidang PKM yang dapat dipilih antara lain PKM Riset. PKM Riset ini mengungkap bukti saintifik atas tradisi atau informasi baru baik eksakta maupun sosial.

Selain itu PKM Penerapan Iptek sebagai solusi Iptek bagi mitra produktif dan PKM Pengabdian kepada Masyarakat sebagai solusi Iptek baik teknologi atau manajemen bagi mitra nonprofit (nonproduktif).

”Ada lagi PKM Karsa Cipta yang merupakan karya berupa hasil konstruksi karsa yang fungsional (prototipe), PKM Kewirausahaan yang menghasilkan produk bermuatan Iptek sebagai komoditas usaha mahasiswa, PKM Video Gagasan Konstruktif yang berisi video yang bertema isu SDGs atau isu nasional dan solusinya, PKM Karya Inovatif berupa hasil karya fungsional, PKM Artikel Ilmiah, serta PKM Gagasan Futuristik Tertulis berupa karya tulis yang memuat ide berupa konsep perubahan masa depan,” jelas Febri.

Sementara itu, Harmini mengatakan, ada beberapa kriteria pelaksanaan PKM antara lain, peserta PKM adalah kelompok mahasiswa aktif program pendidikan sarjana, sarjana terapan dan diploma dari PT nonn Politeknik di lingkungan Kemdikbud yang terdaftar di PD Dikti.

”Selain itu nama-nama pengusul harus ditulis lengkap tidak boleh disingkat, dianjurkan lintas prodi, dan tidak sedang pendidikan profesi, dan khusus PKM riset, tema yang diusulkan harus sesuai dengan bidang ilmu ketua atau anggota,” ungkapnya.(HS)

Atikoh Sowan ke Ponpes Tertua di Magelang, Ganjar Didoakan Jadi Presiden

Ekonom Sebut Pilpres 2024 Sekali Putaran Lebih Baik Bagi Investasi