in

Tim Penilai Kemenpan RB Inovasi Acungi Jempol Inovasi Pak Tuji Disdukcapil Karanganyar

Bupati Karanganyar, Drs Juliyatmono MM bersama Sekda Drs Sutarno MSi dan Kepala Disdukcapil, Dra Any Widiastuti MM, melakukan presentasi di depan tim penilai lomba Inovasi Pelayanan Publik Kemenpan RB secara virtual. (Foto : Karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR – Tim penilai lomba Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), menilai bagus Inovasi Pelayanan Akta Perkawinan Pitu Dadi Siji (Pak Tuji)  milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkab Karanganyar.

Aplikasi ini memudahkan masyarakat, terutama pengantin baru, untuk memperoleh dokumen kependudukan yang baru.

JB Kristiadi, yang memimpin tim penilai mengakui inovasi Pak Tuji bagus, karena mempermudah masyarakat untuk memperoleh dokumen kependudukan. Hal ini sekaligus dapat meningkatkan kesadaran masyarakat, untuk mengurus dokumen pribadi.

Pendapat senada juga disampaikan Neneng Goenadi, juri lain. “Apakah tingkat kesadaran masyarakat naik setelah adanya inovasi Pak Tuji ini ?” tanya Neneng.

Menjawab pertanyaan tersebut, Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan masyarakat senang dengan adanya inovasi tersebut. Dengan pelayanan yang mudah dan cepat, pengurusan dokumen bisa dilakukan sendiri oleh pemohon, tanpa menggunakan jasa calo atau orang lain.

Bupati Karanganyar, seperti dirilis Karanganyarkab.go.id, juga mengatakan masyarakat cukup menyampaikan permohonan di satu loket, untuk kemudian dapat memperoleh akta perkawinan, tiga kartu keluarga untuk mempelai dan orang tua, serta dua KTP baru untuk mempelai.

Jika sebelumnya untuk mendapatkan dokumen tersebut perlu satu hari, maka dengan adanya Pak Tuji hanya butuh waktu satu jam dan setelah selesai dapat dikirim langsung ke rumah melalui kantor pos. (HS-08)

Share This

RSUD Cepu Segera Bentuk Tim Relawan Pemulasaraan Jenasah

Bupati Sukoharjo “Blusukan” ke Warung Makan