in

Tim Pengabdian Masyarakat Undip Ajak Guru Edukasi Prokes Dalam Persiapan Sekolah Tatap Muka

Departemen Ilmu Komunikasi Fisip Undip mengadakan pengabdian masyarakat dengan tema “Media Literasi” pada Sabtu, 29 Mei 2021 secara online.

 

HALO SEMARANG – Departemen Ilmu Komunikasi Fisip Undip mengadakan pengabdian masyarakat dengan tema “Media Literasi” pada Sabtu, 29 Mei 2021 secara online.

Media Literasi ini mengajak serta para guru lebih strategis melakukan serangkaian upaya mempersiapkan pembelajaran tatap muka, dengan mengedukasi protokol kesehatan (prokes) Covid-19 kepada anak didiknya.

“Ini sejalan dengan pedoman kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), maka pembelajaran tatap muka harus dipersiapkan secara optimal. Media literasi ini mengajak guru mengedukasi orang tua dan murid untuk taat pada prokes Covid-19,” kata ketua Tim Pengabdian Muhamad Yulianto, SSos, MSi.

Apalagi Pemkot Semarang juga sudah mendorong agar sekolah melakukan tahap persiapan ke arah pembelajaran tatap muka, dengan persiapan yang baik.

Media literasi ini terus mendorong sekolah melakukan persiapan dengan mengingat karakteristik murid, terutama yang masih anak-anak.

Seluruh kegiatan ini bersinergi dengan persiapan yang sudah sekolah lakukan, antara lain vaksinasi para tenaga pendidik dan komitmen sekolah atas penerapan SOP kesehatan. Seperti memperbanyak wastafel, serta tata kelola kapasitas siswa.

“Di samping itu juga peran guru untuk mengedukasi siswa-siswi agar taat pada protokol kesehatan untuk persiapan sekolah tatap muka,” katanya.

Dalam kegiatan media literasi ini, para guru yang terlibat terlihat sangat antusias. Termasuk memaparkan kendala yang ada dan bersama tim pengabdian mencari solusi lebih baik.

Salah seorang guru, Dila mengatakan, tips dan strategi komunikasi jitu serta materi yang disampaikan tim dosen dalam media literasi ini, sangat bermanfaat.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan oleh Tim Pengabdian Masyarakat dari Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Undip yang diketuai dosen ilmu komunikasi Undip, Muchamad Yuliyanto, SSos, MSi dengan anggota Dr Hedi Pudjo Santosa, Dr Adi Nugroho, MSi, Agus Naryoso, SSos, MSi serta Primada Qurrota Ayun, MA.

Pengabdian Masyarakat ini bekerja sama dengan Sekolah Karakter Pelangi Nusantara, Gunungpati, Semarang. Kegiatan berlangsung secara hybrid dengan menerapkan sistem online di sekolah sesuai dengan Protokol kesehatan (Prokes), dan offline untuk beberapa pembicara dalam materi pengabdian menggunakan platform GMEET.

“Kegiatan seperti ini sangat penting bagi kami untuk memaksimalkan persiapan sekolah tatap muka Juli nanti, dengan tetap memperhatikan Prokes Covid-19 yang ada,” imbuh Dila guru Sekolah Karakter Pelangi Nusantara.(HS)

Share This

Siapkan Kader Satria untuk Ikut Membesarkan Partai Gerindra

Yayasan Karomah Bumi Jambe Gelar Pelatihan Kewirausahaan